Advertisement

Di Indonesia, Setiap Jam 13.000 Orang Meninggal karena Tuberkulosis

Mutiara Nabila
Selasa, 07 Juli 2020 - 11:57 WIB
Sunartono
Di Indonesia, Setiap Jam 13.000 Orang Meninggal karena Tuberkulosis Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI Wiendra Waworuntu. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kasus tuberkulosis  (TB) di Indonesia masih menjadi permasalahan besar, dan bila dibandingkan dengan wabah Virus Corona, justri lebih gawat.

Hal ini terungkap dalam dialog “Pengendalian Tuberculosis (TB) di Masa Pandemi” yang digelar BNPB via daring, Selasa (7/7/2020).

Advertisement

Kasus TB di Indonesia nomor 3 di dunia setelah India dan China.

BACA JUGA : Indonesia Peringkat 3 Dunia Kasus Tuberkulosis

Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI Wiendra Waworuntu mengatakan angka kematian akibat tuberculosis di Indonesia mencapai 13.000 orang per jam. Padahal, TB sudah ada obatnya dan gratis di pusat layanan kesehatan.

“Obat TB itu sudah cukup, tersedia di semua layanan, ada di 10.000 puskesmas, di rumah sakit juga tersedia. Obatnya ada, mungkin karena akses orang sulit berobat dan banyak TB resisten,” ujar Wiendra, Selasa (7/7/2020).

Dikatakan, jumlah pasien TB resisten obat diprediksi mencapai 24.000 orang.

Selain itu, ada pasien TB  mengidap HIV.  Seorang positif HIV, menurutnya, meninggal justru karena TB, bukan karena HIV.

Wiendra menjelaskan, adapun penyebab TB resisten antara lain lantaran pasien tidak patuh minum obat, karena masa minum obat adalah 6 bulan.

 “Kalau resisten, dia akan memberikan risiko penularan yang lebih besar. Resisten artinya obat itu tidak mempan lagi. Jadi sembuhnya tidak sempurna,” jelasnya.

Padahal, obat TB disediakan gratis oleh pemerintah, tapi karena minumnya lama, seorang pengidap TB terkadang minum obat 1-2 bulan, dan merasa sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement