Survei SPIN: Warga Nilai Positif Kinerja Pemerintahan Jokowi

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Youtube - BPMI
09 September 2021 08:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Mayoritas warga menilai positif kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, demikian dilansir dari Antara, Kamis (9/9/2021).

Hasil survei yang dilakukan lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan  warga yang menilai kinerja Pemerintah Presiden Joko Widodo saat ini baik sebanyak 44,6 persen dan semakin baik 4,7 persen.

BACA JUGA : Hasil Survei Indikator: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja

"Survei yang dilakukan SPIN, mayoritas masyarakat melihat kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo baik, begitu juga di dalam penanggulangan pandemi Covid-19," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara.

Menurut dia, hasil tersebut merupakan bentuk pencapaian yang sangat baik dalam konteks kinerja karena tanpa banyak perlu melakukan pencitraan seperti pemasangan baliho, kinerja pemerintahan tetap dipandang masyarakat sangat baik.

Dia menilai, penilaian positif publik terhadap kinerja pemerintahan karena penanganan Covid-19 dan masalah-masalah turunannya yang cenderung semakin membaik.

"Hal ini juga terkonfirmasi dari cukup tingginya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi," ujarnya.

Dia menjelaskan sebanyak 43,7 persen publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan 3,4 persen menilai sangat puas.

BACA JUGA : Survei: Kepuasan Publik terhadap Jokowi-Ma'ruf Turun

Survei tersebut juga menunjukkan sebesar 23,9 persen publik memberikan penilaian sangat puas dan puas terhadap kinerja Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto. 

Posisi berikutnya ditempati Kementerian Kesehatan yang dipimpin Budi Gunadi Sadikin sebesar 21,5 persen.

Sumber : Antara