Advertisement

Digadang-gadang Cocok Dampingi Prabowo, Ini Komentar Erick Thohir

Dany Saputra
Rabu, 20 September 2023 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Digadang-gadang Cocok Dampingi Prabowo, Ini Komentar Erick Thohir Jadi Kandidat Terkuat Cawapres Prabowo, Erick Thohir Serahkan Keputusan ke Koalisi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disopiri oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat berkunjung ke Kompleks PT Pindad (Persero) di Dusun Sedayu, Turen, Kec. Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin (24/7/2023). - Foto: BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi hasil survei yang menyatakannya dirinya sebagai kandidat terkuat bakal cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Namun dia mengatakan keputusan bukan ada di tangannya. 

Survei dimaksud yakni Survei Polling Institute, yang di antaranya menunjukkan preferensi responden terhadap siapa kandidat bakal cawapres yang paling cocok mendampingi tiga bakal capres yang ada saat ini, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Advertisement

"Saya tentu mengapresiasi hasil survei. Artinya apa? Kan kinerja kita baik dan tentu justru itu membuat beban saya tersendiri supaya kembali target-targetnya tetap baik. Apakah di BUMN, apakah hari ini di sepak bola U-17, Timnas dan lain-lain, ya tentu ini hal yang menjadi pemacu kita," katanya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). 

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Agus Martowardojo Jabat Komisaris Utama PLN

Namun demikian, Erick menyerahkan pembicaraan soal pencalonan pendamping Prabowo Subianto kepada Koalisi Indonesia Maju. Koalisi tersebut beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Demokrat yang baru saja resmi bergabung pekan lalu.

PAN, salah satu anggota koalisi, secara terbuka mengusung Erick sebagai Bakal Cawapres pendamping Prabowo. Keduanya merupakan menteri dari Presiden Joko Widodo saat ini. 

Erick mengatakan hubungannya dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu baik. Dia menyebut kedua keluarga mereka juga berhubungan dengan baik dan sejak lama. 

"Tetapi kan kembali ini koalisi. Tidak bisa istilahnya mendorong-dorong pertemuan pribadi. Tidak. Saya serahkan saja kepada koalisi mana yang terbaik," ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Menghadap Presiden Jokowi: Laporkan Persiapan Piala Dunia U-17 hingga Satgas Mafia Bola

Adapun survei Polling Institute menanyakan kepada responden terkait dengan siapa Bakal Cawapres yang paling cocok untuk tiga Bakal Capres yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies.

Hasilnya untuk Prabowo, nama Menteri BUMN Erick Thohir (28,8 persen) menempati peringkat pertama, diikuti nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (17,3 persen), dan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9 persen suara.

Sementara itu, untuk Ganjar, nama mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperoleh suara terbanyak yakni 31,7 persen, diikuti nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 27,1 persen, sedangkan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9,5 persen suara.

Adapun, untuk Anies Baswedan, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menjadi yang teratas 32,4 persen kendati kini sudah mendeklarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Setelah AHY, kandidat yang dinilai paling cocok mendampingin Anies yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebesar 17,1 persen serta Direktur Wahid Institue Yenny Wahid sebesar 13,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

FPRB Bantul Diminta Siapkan Mitigasi Bencana Musim Hujan

Bantul
| Minggu, 03 Desember 2023, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement