Advertisement

Bom Meledak di Filipina, Motif Diduga Upaya Pemerasan

Erta Darwati
Senin, 07 November 2022 - 07:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Bom Meledak di Filipina, Motif Diduga Upaya Pemerasan Bom meledak di Filipina. / The Star

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–-Bom rakitan meledak di bus yang ada di sebuah kota di Filipina Selatan pada Minggu (6/11/2022). Peristiwa ini menewaskan 1 orang dan 10 orang lainnya mengalami luka-luka.

Pejabat setempat menyampaikan bahwa bom tersebut diduga serangan dari pihak tertentu yakni sebagai upaya pemerasan. Polisi mengatakan bahwa sebuah bus sedang mendekati terminal di kota Tacurong di provinsi Sultan Kudarat. Lalu bom meledak di bagian belakang bus menjelang siang hari.

Advertisement

Para penyelidik kini berusaha untuk mencari asal kelompok pemboman tersebut, yakni terkait atau tidaknya dengan kelompok serupa pada beberapa tahun terakhir. Pejabat militer dan kepolisian menyatakan adanya kelompok pemboman yang selama ini memeras uang dari jalur bus kuning yang beroperasi di kota-kota utama di Filipina Selatan.

Adapun komandan tentara daerah, Mayjen Roy Galido mengungkap bahwa perusahaan bus terus-menerus menerima pesan yang berisi pemerasan, seperti dilansir dari CNA pada Senin (7/11/2022).

Galido menyampaikan bahwa militer dan polisi telah bekerja sama dengan perusahaan bus untuk bergegas menangkap para pelaku pemerasan tersebut. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa para pemeras tersebut mungkin marah karena pihak perusahaan bus menolak membayar saat pemerasan berlangsung.

Kepolisian setempat sebelumnya menyalahkan Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro, yaitu sebuah kekuatan pemberontak kecil yang telah bersekutu dengan kelompok Negara Islam, untuk pemboman bus serupa di masa lalu.

Kelompok itu memisahkan diri beberapa tahun lalu dari Front Pembebasan Islam Moro ketika Front Pembebasan Islam Moro mengadakan pembicaraan damai dengan pemerintah. Kelompok itu menerima tawaran otonomi Muslim di lima provinsi di selatan negara Filipina yang sebagian besar beragama Katolik Roma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement