Advertisement

Ini Cara membedakan Ruam Kulit karena Cacar Monyet atau Bukan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Cara membedakan Ruam Kulit karena Cacar Monyet atau Bukan Partikel virus cacar monyet atau monkeypox. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Monkeypox atau cacar monyet, yang telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menyebar dengan cepat ke berbagai negara.

Baru-baru ini, AS juga menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat, mendesak orang untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Advertisement

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dekat, pribadi, dan sering kali dari kulit ke kulit.

Penyebaran termasuk kontak langsung dengan ruam cacar monyet, keropeng, atau cairan tubuh dari orang yang terkena cacar monyet atau benda yang disentuh, kain (pakaian, tempat tidur, atau handuk), dan permukaan yang pernah digunakan oleh penderita cacar monyet atau kontak dengan sekresi pernapasan oleh orang yang terkena cacar monyet.

Untuk menghindari penyebaran, Anda harus menghindari ciuman, pelukan, hubungan seksual dengan siapa saja yang telah terinfeksi virus monkeypox.

Saat ini, selain gejala umum seperti demam, kelelahan, nyeri tubuh, ruam dan luka di wajah, telapak tangan, bahkan alat kelamin, merupakan gejala umum cacar monyet.

Ini telah memicu kekhawatiran pada orang yang mengalami ruam atau masalah kulit apa pun, itulah sebabnya, di sini kami telah memecah cara untuk membedakan ruam cacar monyet dengan ruam lainnya.

Agar Anda tidak khawatir, berikut cara membedakan lesi kulit karena cacar monyet dan cacar air atau ruam alergi.

1. Perhatikan durasi ruam

Berapa lama ruam berlangsung biasanya tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya.

Sejauh gejala cacar monyet yang bersangkutan, mereka biasanya mulai dalam waktu 3 minggu setelah terpapar virus, sesuai CDC. Jika seseorang mengembangkan gejala seperti flu, mereka biasanya akan mengembangkan ruam 1-4 hari kemudian, catat kesehatan tubuh.

Ruam lainnya dapat berkembang dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah terpapar dan dapat berlangsung 2 hingga 4 minggu.

2. Tahapan ruam

Salah satu ciri khas ruam cacar monyet adalah melalui empat tahap: makula, papular, vesikular, hingga pustular, sebelum akhirnya mulai berkeropeng dan mengelupas.

Makula adalah lesi datar yang biasanya dimulai pada wajah sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Papula muncul pada hari ke-3. Selama tahap ini, ruam sedikit meningkat dan keras.

Vesikel terjadi pada hari ke-4 atau ke-5 dan ditandai dengan tonjolan yang menonjol berisi cairan bening.

Postulat terjadi pada hari ke 6 atau 7, ketika lesi menjadi berisi cairan kekuningan atau nanah.

3. Bagaimana cara membedakan ruam cacar monyet dan cacar air?

Ruam dari cacar monyet dan cacar air bisa tampak serupa dalam banyak hal. Dari gatal hingga berbagi cara perkembangannya, bisa menjadi sulit untuk membedakan keduanya.

Namun, sementara ruam terkait cacar monyet biasanya terjadi dalam satu hingga tiga hari setelah demam, ruam cacar air mulai muncul 1 hingga 2 hari setelah demam.

Sementara ruam cacar monyet sering dimulai pada wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, ruam cacar air pertama kali dapat muncul di dada, punggung, dan wajah. Ini berkembang menjadi papula (lesi terangkat) dan pustula berisi cairan dan kemudian berbentuk keropeng dan jatuh.

Ciri-ciri ruam karena kudis dan cacar air

Disebabkan oleh tungau kecil, kudis adalah kondisi kulit yang menyebabkan rasa gatal yang hebat dan mungkin ditandai dengan terowongan tipis bergelombang yang terdiri dari lepuh kecil atau benjolan pada kulit, menurut Mayo Clinic.

Tidak seperti cacar monyet, cacar air sering ditemukan di antara jari kaki dan jari tangan, di ketiak, di sekitar pinggang, bagian dalam pergelangan tangan, siku bagian dalam, telapak kaki, dan banyak lagi.

Jika Anda adalah seseorang yang pernah menderita kudis di masa lalu, gejalanya mungkin mulai dalam beberapa hari setelah terpapar, jika tidak, diperlukan waktu selama enam minggu untuk menunjukkan gejala.

Reaksi alergi juga bisa menyebabkan ruam

Reaksi alergi sering menyebabkan ruam yang dapat bervariasi dalam ukuran atau tingkat keparahan tergantung pada penyebabnya. Dermatitis kontak adalah reaksi alergi yang menyebabkan ruam kulit yang menyakitkan atau gatal. Ruam dapat muncul di mana saja 24-48 jam kemudian dan seseorang harus bersentuhan dengan alergen berulang kali sebelum reaksi benar-benar terjadi.

Gejala lain cacar monyet yang dapat membantu memastikan diagnosis Anda

Selain ciri khas dari setiap ruam, termasuk cacar monyet, gejala yang terkait dapat mengungkapkan banyak hal tentang kondisi tersebut.

Demam, menggigil, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, nyeri otot dan sakit punggung dan sakit kepala adalah beberapa gejala utama cacar monyet, yang dapat disertai dengan gejala seperti flu sebelum ruam.

Saat tubuh sembuh dari virus, yaitu pada hari ke 14 atau lebih, ruam atau lesi cenderung menjadi koreng, yang akan mulai rontok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement