Advertisement

Kendalikan Kuantitas Manusia, Sekolah Siaga Kependudukan Terus Digalakkan

Sunartono
Selasa, 14 Mei 2019 - 13:07 WIB
Sunartono
Kendalikan Kuantitas Manusia, Sekolah Siaga Kependudukan Terus Digalakkan Pemateri menyampaikan paparan dalam sosialisasi sekolah siaga kependudukan, Selasa (14/5/2019). - Ist/BKKBN.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat terus berupaya meningkatkan jumlah Sekolah Siaga Kependudukan yang berada di daerah. Para kepala sekolah di DIY diberikan orientasi kependudukan melalui Penguatan Advokasi Melalui Pendidikan Kependudukan Jalur Formal (Sekolah Siaga Kependudukan), Selasa (14/5/2019). Program itu diharapkan dapat memberikan pemahaman kependudukan kepada siswa melalui materi yang diintegrasikan dengan mata pelajaran.

Direktur Kerja Sama Pendidikan Kependudukan BKKBN Ahmad Taufik menjelaskan sekolah siaga kependudukan dinilai penting karena memberikan edukasi sejumlah persoalan kependudukan, terutama pemahaman mengendalikan kuantitas untuk meningkatkan kualitas manusia. Kemudian meningkatkan kualitas manusia dengan memperhatikan lingkungan dan faktor pentingnya memperhatikan daya dukung dan daya tampung alam.

Advertisement

“Yang sangat penting adalah bagaimana mengendalikan kuantitas tersebut . Saat ini kualitas SDM kita rata-rata hanya delapan tahun pendidikan atau setingkat kelas 2 SMP. Kalau ini terus dibiarkan tentu dengan SDA yang melimpah kita sudah menjadi negara maju,” terang dia dalam keterangan persnya, Selasa (14/5/2019).

Pihaknya khawatir jika persoalan kuantitas yang berpengaruh terhadap kualitas manusia ini akan mempengaruhi pengelolaan sumber daya alam melimpah milik Indonesia. Akibatnya, kekayaan alam tersebut justru berpotensi dikelola warga asing. Sehingga pemahaman kependudukan terkait pengendalian kuantitas ini harus diberikan kepada siswa sejak dini.

Ia mengatakan para kepala sekolah yang sudah diberikan sosialisasi diharapkan segera memaksimalkan program sekolah siaga kependudukan dengan mengambil beberapa langkah seperti mengintegrasikan mata pelajaran yang relevan dengan kependudukan. Ahmad menegaskan konsep ini tidak menambah jam pelajaran atau mata pelajaran baru karena cukup diintegrasikan dengan mata pelajaran yang sudah ada. Contohnya, pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis atau membuat karangan dengan mengambil tema tentang kependudukan.

“Selain itu kegiatan kesiswaan seperti ekstrakurikuler iyu harus dilengkap dengan penyuluhan tentang kependudukan dan ketiga budaya gemar membaca atau literasi tentang kependudukan,” ucapnya.

Pihaknya berharap jika para pelajar mulai memahami persoalan kependudukan sehingga mampu menyiapkan diri ketika mulai berkeluarga atau terjun ke masyarakat. Program ini bisa dilakukan melalui BKKBN Pusat yang lebih dahulu membuat percontohan sekolah kependudukan kemudian bisa ditiru atau dikembangkan oleh pemerintah daerah.

“Program ini sebenarnya sejak 2015, kalau di Jogja sudah menyasar percontohan dan saat ini sudah berjalan. Kalau secara nasional sudah mencapai 5 persen jumlahnya dari total jumlah lembaga pendidikan dari SD sampai SMA,” katanya.

Kepala SMAN Galur Kulonprogo Anang Sutarta mengatakan, pihaknya sudah mulai menjalankan sekolah siaga kependudukan yang materinya terintegrasi dengan pelajaran Geografi, Matematika.  Ia sepakat anak perlu diberikan bekal tentang masa depan diri sendiri dan orang sekitar terutama dalam pemenuhan prasyarat hidup.

“Misalnya, kira-kira kalau mau punya anak, dengan luas wilayah seperti sekarang ini, kalau tidak didukung dengan kompetensi dan ketrampilan kan persaingan ke depan untuk bisa hidup layak semakin sulit, sehingga anak harus dibekali tentang kependudukan, pertumbuhan penduduk dan jumlah anak ke depan, sampai kesejahteraan yang ingin dibina seperti apa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement