Advertisement

BNPB Dorong Program Hujan Buatan untuk Hadapi El-Nino

Arif Gunawan
Senin, 04 Maret 2019 - 19:37 WIB
Sunartono
BNPB Dorong Program Hujan Buatan untuk Hadapi El-Nino Hujan buatan - Antara/Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong program dari teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk menurunkan hujan buatan guna menghadapi musim kering akibat badai El Nino, 

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan saat ini pihaknya fokus di kegiatan TMC, sebagai salah satu persiapan menghadapi El Nino. "TMC ini harus dikembangkan terus, kita harus bersiap karena El Nino akan menjelang," katanya saat di Pekanbaru Senin (4/3/2019).
 
Menurut Doni, TMC ini terus dikembangkan oleh BPPT, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi karlahut di berbagai daerah, termasuk Provinsi Riau. Dengan langkah ini, pihaknya meyakini kesiapan setiap daerah dalam menghadapi musim kemarau, sehingga ikut membantu pemerintah pusat menghemat anggaran bila harus melakukan pemadaman api karlahut.
 
Untuk kebakaran di Riau misalnya, saat ini BNPB sedang fokus ke daerah Pelalawan dan Kepulauan Meranti, setelah sebelumnya di Bengkalis yang masuk dalam tahap pendinginan dan kualitas udaranya sudah membaik.
 
Adapun di Riau saat ini tim BPPT sudah melakukan modifikasi cuaca dengan menyemai sebanyak lima ton garam di Bengkalis dan Dumai. Total garam yang disiapkan di posko karlahut Riau mencapai 17 ton.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement