Advertisement

Presiden Joko Widodo Minta LDII Bangun Kantor Ramah Iklim di IKN

Media Digital
Jum'at, 06 September 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Presiden Joko Widodo Minta LDII Bangun Kantor Ramah Iklim di IKN Pertemuan antara DPP LDII bersama Presiden Joko Widodo di istana negara, Selasa, 3 September 2024.ist - ldii

Advertisement

JOGJA—Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY mengapresiasi Presiden Joko Widodo selama dua periode kepemimpinan. Presiden telah melaksanakan tugasnya dengan baik hingga menjelang akhir masa jabatannya.

Ketua LDII DIY, Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU. menyambut baik pula ajakan presiden agar LDII membangun kantor DPP di IKN. Hal ini disampaikan saat Ketua Umum DPP LDII, KH. Ir. Chriswanto Santoso, M.Sc. saat bersilaturahmi dengan presiden di Istana Negara, Selasa 3 September 2024.

Advertisement

"LDII diberi kepercayaan untuk turut berkontribusi mengembangkan Ibu Kota Nusantara yang modern, namun ramah lingkungan, hemat energi, sejuk, bersih dan sehat, serta senantiasa melestarikan sumberdaya hayati, baik flora maupun fauna" kata Atus, Jumat, 6 September 2024.

Menurut dosen Fakultas Kehutanan UGM ini, hal tersebut sejalan dengan 8 program pengabdian LDII untuk bangsa. Salah satunya terkait dengan ketahanan pangan dan lingkungan hidup. Selama 10 tahun terakhir LDII selalu mendukung pemerintah guna pengembangan Kampung Iklim (ProKlim) di berbagai daerah.

Capaian yang terbaru adalah mewujudkan Kampung Pramuka ProKlim pertama di Padukuhan Sangurejo, Sleman. Selain perangkat pemerintahan, LDII juga melibatkan Kyai Peduli Sampah dan para mubaligh dengan basisnya masjid.

Ditambah lagi satuan karya (Saka) utamanya Saka Wanabakti, Saka Kalpataru dan Saka Pariwisata serta gerakan pramuka Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN). Di beberapa tempat lainnya bersinergi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UGM, UNY, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta, dll.

Dalam pertemuan antara DPP LDII dan Presiden Joko Widodo, LDII juga diminta mendukung pemerintah baru. KH. Chriswanto Santoso pun menyampaikan rencana LDII dalam rangka mendukung program pemerintah sekaligus melaporkan hasil-hasil Rakernas LDII.

Yang teranyar, LDII bekerja sama dengan MPR RI menyelenggarakan Sekolah Virtual Kebangsaan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada ulama dan pimpinan pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, LDII menggandeng kejaksaan di seluruh Indonesia dengan program Jaksa Masuk Pesantren. Program strategis ini penting untuk menyosialisasikan informasi hukum dan meningkatkan kesadaran hukum di kalangan santri. Di samping itu, ditanamkan pula nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Presiden Joko Widodo juga meminta LDII untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Hal ini untuk membahas kontribusi LDII dalam mendukung program-program pemerintah di masa mendatang. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muara Kali Progo Dibersihkan, Rencananya Bakal Melibatkan Pandawara Group

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement