Advertisement

Presiden Jokowi Bertemu MBZ, Bahas Kelanjutan Ekonomi dan Investasi

Alifian Asmaaysi
Rabu, 17 Juli 2024 - 10:27 WIB
Ujang Hasanudin
Presiden Jokowi Bertemu MBZ, Bahas Kelanjutan Ekonomi dan Investasi Arsip-Presiden Jokowi bertemu empat mata dengan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Leadership Paviliun, Expo City Dubai, Jumat (01/12/2023). (Foto: BPMI Setpres - Laily Rachev)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Uni Emirat Arab guna membahas kelanjutan ekonomi dan investasi. Kesepakatan yang terjadi nanti akan diimplementasikan saat Prabowo Subianto menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Mengutip siaran langsung yang dibagikan oleh Sekretariat Presiden, ikut bersama rombongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Advertisement

Jokowi menyampaikan maksud dan tujuannya bertolak ke Abu Dhabi yakni untuk membahas kelanjutan kerja sama ekonomi dan investasi.

“Dalam pertemuan dengan Presiden MBZ nanti, saya antara lain akan membahas mengenai berbagai upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi yang strategis. Tentunya kerja sama-kerja sama ini akan dilanjutkan implementasinya oleh pemerintah baru nantinya,” jelas Jokowi dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (17/7/2024).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa kunjungan Jokowi ke Abu Dhabi tersebut juga bakal membahas investasi di IKN.

BACA JUGA: Sebuah Jalan di Abu Dhabi Dinamai Joko Widodo

Salah satunya, membahas kelanjutan minat investasi bos Emaar Properties yakni Mohamed Ali Rashed Alabbar di proyek IKN.

Basuki menuturkan, Emaar Properties bakal mengembangkan kawasan pusat ekonomi atau financial center di IKN. Bentuknya, bakal menyerupai Sudirman Central Business District (SCBD) yang ada di Jakarta.

Dengan demikian, Basuki juga sempat memberi sinyal bahwa Emaar Properties berpotensi menjadi perusahaan asing perdana yang bakal memarkirkan modalnya di IKN.

“Mungkin nanti dari Dubai itu kelihatannya,” jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (12/7/2024).

Akan tetapi, belum diketahui pasti berapa komitmen investasi yang bakal disuntik oleh Emaar Properties ke IKN. Pasalnya, Basuki menyebut hal itu baru akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuannya bersama Emaar Properties di Abu Dhabi kali ini.

“Belum, nilainya juga belum, makanya ke sana [bersama] Pak Erick [Menteri BUMN] itu mau neken itu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Walikota Jogja Diminta Ciptakan Tata Ruang Seimbang

Jogja
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement