Advertisement

Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatera Ruas Indrapura-Kisaran dan Bayung Lencir-Tempino

Newswire
Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:17 WIB
Sunartono
Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatera Ruas Indrapura-Kisaran dan  Bayung Lencir-Tempino Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo meresmikan dua proyek ruas Jalan Tol Trans-Sumatera, yakni Indrapura-Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh-Kisaran) dan Bayung Lencir-Tempino bagian Betung-Jambi.

Sebagaimana disaksikan melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu, peresmian itu dipusatkan di Gerbang Tol Kisaran, Sumatera Utara, Rabu, dan menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Presiden di Sumatera Utara.

Advertisement

Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yang diresmikan yakni jalan tol seksi tiga Provinsi Jambi sepanjang 34 km yang menghabiskan anggaran Rp5,6 triliun.

Jalan tol tersebut sudah dibangun sejak dua tahun yang lalu dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera.

Selain itu, Presiden juga meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran yang dibangun sejak 2018 dengan investasi Rp6,32 triliun sepanjang 47,75 km, terdiri atas dua seksi yaitu Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran 32,15 km.

"Jalan tol ini akan menjadi daya saing dan akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Sumatera Utara maupun Jambi. Dengan adanya jalan tol utamanya Trans-Sumatera ini kita harapkan ada kecepatan dalam mobilitas orang, barang dan distribusi logistik," kata Presiden Jokowi.

Dia berharap dengan adanya kecepatan waktu tempuh, maka setiap daerah bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa jalan tol nasional hanya dibangun pihak swasta dengan anggaran swasta.

Yang benar, menurutnya, adalah banyak jalan tol dibangun swasta dengan sistem investasi, dan banyak pula jalan tol dibangun BUMN serta dari anggaran APBN. Dia menjelaskan, apabila internal rate of return (IRR) atau perhitungan kelayakan investasi jalan tol masih rendah, maka APBN harus masuk dalam pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Heboh Penemuan Gua di Lokasi Proyek JJLS Planjan Gunungkidul

Gunungkidul
| Rabu, 16 Oktober 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement