Advertisement

Pelantikan Digelar 20 Oktober, Begini Prediksi Cuaca menurut BMKG

Newswire
Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Pelantikan Digelar 20 Oktober, Begini Prediksi Cuaca menurut BMKG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca saat hari pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Raka Bumingraka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Minggu (20/10/2024) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, bakal cerah.

"Cuaca Jakarta di sekitar Senayan pada Minggu, cerah pagi harinya. Kondisi cuaca normal untuk masyarakat yang hendak menyaksikan langsung pelantikan," kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, A. Fachri Radjab saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Advertisement

Fachri menjelaskan secara rinci berdasarkan hasil pengamatan tim BMKG, saat hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, cuaca di Jakarta diperkirakan cerah pada pagi mulai pukul 05.00 WIB-pukul 12.00 WIB, dengan kecepatan angin normal 3 kilometer per jam dari arah barat daya, dan kelembabannya 90%-67%.

Kemudian, pada pukul 13.00 WIB-16.00 WIB diperkirakan cerah berawan dengan kecepatan angin normal 11 kilometer per jam dari arah utara, dan kelembaban 60%-67%.

​Sementara pada malam harinya pukul 19.00 WIB diprakirakan turun hujan intensitas ringan dengan kecepatan angin 8 kilometer per jam dari arah timur laut, lalu akan kembali cerah pada pukul 22.00 WIB. "Intinya normal, tidak ada yang signifikan berdasarkan data kami. Tentu akan di monitor terus. Sehingga, acara khidmat, aman dan lancar," imbuhnya.

BACA JUGA: Tak Ada Kader Nasdem di Calon Kabinet, Surya Paloh Temui Prabowo di Kantor Kemenhan

Sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu akan dimulai pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Dalam acara itu, kandidat peserta Pilpres 2024 dan seluruh pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 diundang untuk menghadiri prosesi pelantikan.

Rangkaian acara seperti tradisi pelantikan yang telah berjalan sebelumnya, yaitu diawali dengan pembukaan, pembacaan surat keputusan KPU, prosesi pelantikan, pembacaan berita acara, pidato presiden baru, dan penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beton Barrier Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 Rampung Dipasang di Sisi Timur Simpang Kronggahan Sleman

Sleman
| Kamis, 17 Oktober 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement