Advertisement

Populasi Manusia Diprediksi Turun hingga 6 Miliar, Apa Penyebabnya?

Sabina Arla Yogandini
Jum'at, 31 Maret 2023 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Populasi Manusia Diprediksi Turun hingga 6 Miliar, Apa Penyebabnya? Ilustrasi manusia di bumi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Sebuah analisis baru tentang tren kelahiran telah mengungkapkan bahwa pertumbuhan populasi dapat berhenti pada tahun 2050.

Setelah itu akan menurun ke angka 6 miliar populasi manusia di Bumi pada tahun 2100. Melansir dari livescience.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh organisasi nirlaba The Club of Rome memperkirakan bahwa populasi dunia yang saat ini berjumlah 7,96 miliar akan mencapai puncaknya pada pertengahan abad ini, yaitu pada angka 8,6 miliar. Setelah itu, populasi manusia akan menurun hampir 2 miliar sebelum akhir abad ini.

Advertisement

Perkiraan ini bisa menjadi berita baik maupun buruk bagi umat manusia. Menurunnya populasi manusia akan sedikit membantu untuk mengurangi masalah lingkungan di Bumi. di sisi lain, hal ini bukan merupakan faktor yang paling berpengaruh untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Penurunan populasi akan membuat manusia menjadi lebih tua secara keseluruhan dan menurunkan persentase penduduk usia kerja, sehingga akan membebani kaum muda untuk membiayai perawatan kesehatan dan pensiun.

Para peneliti yang tergabung dalam kolektif Earth4All yang terdiri dari para ilmuwan lingkungan dan ekonom mempublikasikan temuan mereka pada 27 Maret lalu dalam sebuah makalah.

Menurut Per Espen Stoknes, direktur Pusat Keberlanjutan di Sekolah Bisnis Norwegia dan pemimpin proyek Earth4All menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang cepat di negara-negara berpenghasilan yang relatif rendah akan berdampak besar pada tingkat kesuburan. Selain itu, tingkat kesuburan akan menurun seiring dengan meningkatnya akses pendidikan bagi anak perempuan dan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan serta akses kesehatan yang lebih memadai.

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian The Club of Rome pada tahun 1972 tentang batasan pertumbuhan yang memperingatkan dunia akan adanya "bom populasi" yang akan segera terjadi. Hasil temuan baru ini berbeda dengan perkiraan populasi terkini.

Pada tahun 2022, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa populasi dunia akan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050 dan akan meningkat hingga 10,4 miliar pada tahun 2100. Perkiraan PBB dari satu dekade sebelumnya menunjukkan bahwa populasi manusia akan mencapai 11 miliar.

Beberapa penelitian lain memperkirakan pertumbuhan populasi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian sosial dan otonomi tubuh perempuan, seperti misalnya akses terhadap pendidikan dan kontrasepsi. Model Earth4All sedikit lebih kompleks, dengan memadukan variabel-variabel yang terkait dengan lingkungan dan ekonomi. Hal tersebut meliputi kelimpahan energi, ketidaksetaraan, produksi pangan, tingkat pendapatan, dan dampak pemanasan global di masa yang akan datang.

Terdapat dua kemungkinan situasi yang akan terjadi pada populasi manusia di masa depan. Pertama, skenario "bisnis seperti biasa" yang di mana pemerintah melanjutkan pola kelambanan saat ini dengan menciptakan komunitas yang rapuh secara ekologis dan rentan terhadap keruntuhan regional. Hal itu nantinya akan membuat populasi manusia meningkat menjadi 9 miliar orang pada tahun 2050 dan mengalami penurunan hingga 7,3 miliar orang pada tahun 2100.

Skenario kedua lebih optimis dibandingkan yang pertama dengan pemerintah berinvestasi dalam pendidikan, meningkatkan kesetaraan, dan transisi hijau. Hal tersebut akan menghasilkan 8,5 miliar orang di bumi ini pada pertengahan abad ini dan 6 miliar pada tahun 2100.

Para peneliti juga meneliti hubungan antara jumlah populasi dan kemampuan bumi untuk menopang populasi manusia. Mereka menemukan bahwa terlepas dari narasi Malthusian yang populer, jumlah populasi bukan satu-satunya faktor penyebab perubahan iklim. Sebaliknya, mereka menyalahkan tingkat konsumsi yang tinggi dari orang kaya di dunia yang menurut mereka harus dikurangi.

BACA JUGA: 7 Bakal Calon DPD DIY Lolos Pendaftaran, Ada GKR Hemas hingga Gus Hilmy

Menurut Jorgen Randers, salah satu pemodel di Norwegian School of Business dan anggota Earth4All menyatakan bahwa masalah utama bagi manusia sebenarnya bukan dari jumlah populasi, melainkan konsumsi karbon dan biosfer yang mewah. Tempat-tempat yang populasinya meningkat pesat memiliki jumlah penduduk yang sangat kecil dibandingkan dengan tempat-tempat yang mencapai puncak populasi beberapa dekade yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement