Advertisement

Saat Sedah Mirah, Cucu Presiden Jokowi Ikuti Siraman Kaesang

JIBI
Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:47 WIB
Jumali
Saat Sedah Mirah, Cucu Presiden Jokowi Ikuti Siraman Kaesang Sedah Mirah Nasution - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution, sempat menyapa wartawan sebelum tradisi siraman Kaesang Pangarep dimulai di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

BACA JUGA: Siraman Kaesang Digelar di Solo

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pantauan Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Sedah mengenakain pakaian kebaya dengan jarit. Dia melambaikan tangan di hadapan wartawan. Selanjutnya dia masuk ke ruangan untuk tradisi siraman calon manten Kaesang.

Sedah merupakan anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Keluarga Jokowi tampak mengenakan pakaian kebaya serta beskap dengan warna merah jambu.

Kondisi lalu lintas Jl Letjen Suprapto, Solo sekitar pukul 07.00 WIB, lancar meskipun ada kegiatan tradisi siraman di kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.

Para tamu yang merupakan keluarga Presiden Jokowi sudah datang sejak pagi meskipun acara dimulai pukul 08.00 WIB. Sementara para menteri hadir lebih dari 07.00 WIB.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan hanya keluarga inti yang mengikuti tradisi siraman sebelum pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Kota Solo, Jumat (9/12/2022).

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo yang juga sebagai juru bicara pernikahan Kaesang dengan Erina kepada Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, di Balai Kota Solo, Kamis (8/12/2022).

“Tradisi seperti siraman biasa,” jelasnya. Dia mengatakan semua sudah siap untuk pernikahan Kaesang.

Menurut dia, acara dimulai dengan pengajian di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (8/12/2022) sore. Pengajian dilakukan keluarga besar.

Selanjutnya, ada tradisi siraman di rumah masing-masing manten, yakni Erina di Sleman dan Kaesang di Kota Solo. Siraman dilakukan oleh keluarga, termasuk saudara Presiden Jokowi maupun saudara Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Semua berarti ya. Dari pakde, bude yang sudah mantu,” kata dia.

Wali Kota Solo mengatakan mengambil air dari tujuh tempat untuk tradisi siraman. Sumber dari dari rumah, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan Pura Mangkunegaran.

“Dari rumah eyang, rumah sendiri, Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Keraton Solo, Pura Mangkunegaran, dan Pengging,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement