Advertisement

Praktisi Pendidikan Sepakat Teknologi Tak Pernah Bisa Gantikan Guru

Newswire
Minggu, 17 Oktober 2021 - 20:47 WIB
Sunartono
Praktisi Pendidikan Sepakat Teknologi Tak Pernah Bisa Gantikan Guru Para peserta EdHeroes Forum Asia: Indonesia Chapter, yang digelar secara daring, Sabtu (16/10/2021). - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Para praktisi dan pemerhati pendidikan sepakat bahwa secanggih apapun teknologi tetapi tak akan bisa menggantikan peran guru dalam mendidik. Karena banyak proses seperti emosi yang memegang peranan penting dalam pendidikan

Co-founder LatihID Muhammad Nabil Satria mengakui mesin atau teknologi memang memiliki peranan penting dalam membantu siswa dan pendidik untuk mengakses pendidikan. Akantetapi, tidak dapat disangkal bahwa mesin kurang memiliki kreativitas. Bahkan mesin tak dapat menggantikan emosi yang memegang peran penting dalam memenuhi proses pendidikan.

Advertisement

"Saya percaya teknologi tidak dapat menggantikan guru. Teknologi hanya sarana untuk membantu guru untuk proses belajar saja, tetapi tak dapat menggantikan peran guru," katanya dalam EdHeroes Forum Asia: Indonesia Chapter, yang digelar secara daring, Sabtu (16/10/2021).

Forum ini dihadiri dari para praktisi pendidikan dari dalam dan luar negeri utamanya kawasan Asia. Mulai dari Louis Goh, Allana Abdullah, Muhammad Nabil Satria Budiman Sudjatmiko hingga Yenny Wahid. Para narasumber tersebut sepakat bahwa mesin dan teknologi tidak dapat sepenuhnya menggantikan pendidik manusia.

Founder and CEO Global Moonshots in Education, Esther Wojcicki, menilai pentingnya para guru mengubah cara pandang guru di era digital saat ini. Hal ini butuh dukungan dari berbagai pihak untuk memberikan motivasi kepada para guru, karena motivasi adalah kunci belajar.

"Kita perlu mengubah mindset guru dan cara kita mengajar anak-anak. Kita perlu bergerak mengikuti mereka demi mendampingi mereka dan memberikan motivasi," katanya.

Project Chairwoman EdHeroes Forum Asia: Indonesia Chapter, Farhannisa Nasution berharap pertemuan ilmiah secara daring itu membawa banyak manfaat untuk perkembangan pendidikan di Asia khususnya Indonesia. Selain itu berkontribusi dalam menciptakan dampak yang lebih luas dan membangun generasi masa depan pemimpin yang unggul serta potensial.

"Nelson Mandela mengatakan bahwa pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia. Karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia," katanya.

Executive Director at Amanat Institute, Fahd Pahdepie menambahkan bukan hanya guru, dalam mendidik terkadang para orang tua kadang berpikir bahwa lebih banyak tahu tentang anak-anak berdasarkan pengalaman mereka. Padahal orang tua juga perlu belajar dari anak-anak.

"Sebagai orang tua yang baik perlu menggabungkan semua teori parenting dari berbagai sumber, dari pengalaman sehari-hari untuk memberi yang terbaik pada anak," kata .

Para narasumber sepakat motivasi diri dan sistem pendukung dari orang tua, sekolah, guru, teman juga memainkan peran besar dalam menciptakan dorongan rasa ingin tahu dan belajar pada anak.  

EdHeroes Forum Asia: Indonesia Chapter merupakan bagian forum pendidikan di Asia dan Indonesia menjadi negara pertama dari sejumlah seri pertemuan di sejumlah negara. Acara ini dihadiri oleh 90 narasumber dari berbagai negara dan lima perwakilan Kementerian RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement