Advertisement

Alumni Program Kartu Prakerja Akan Peroleh Fasilitas KUR Super Mikro

M. Nurhadi Pratomo
Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Alumni Program Kartu Prakerja Akan Peroleh Fasilitas KUR Super Mikro Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id - Tangkapan layar prakerja.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah menyediakan skema pembiayaan program kredit usaha rakyat kepada alumni peserta program Kartu Prakerja yang terkena PHK.

Pemerintah melakukan transformasi kebijakan program Kartu Prakerja menjadi semi-bantuan sosial sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan program tersebut dengan mengambil berbagai keterampilan kerja dan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal hidup selama dan pasca pandemi.

Advertisement

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melaporkan terdapat 43,8 juta pendaftar di situs resmi program Kartu Prakerja hingga 7 Desember 2020. Jumlah itu berasal dari 514 kabupaten dan kota dari 34 provinsi di Indonesia.

“Statistik Manajemen Kartu Prakerja menunjukkan bahwa 35 persen penerima Kartu Prakerja yang dulunya tidak bekerja kemudian menjadi bekerja di mana 17 persen nya menjadi wirausaha. Data ini kami berikan kepada Kemenko Perekonomian untuk menjadi program lanjutan atau program graduasi bagi penerima program Kartu Prakerja pasca mereka menjadi wirausahawan,” ungkap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari melalui siaran pers, Jumat (5/3/2021).

Sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN), pemerintah menyediakan skema pembiayaan yang mudah dan murah melalui program kredit usaha rakyat (KUR). KUR merupakan kredit atau pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada debitur individu, badan usaha dan atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mendorong skema pemberdayaan berkelanjutan, salah satunya melalui fasilitasi program KUR bagi wirausaha alumni peserta Program Kartu Prakerja yang terkena PHK.

Sesuai dengan arahan tersebut, telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima data wirausaha alumni peserta program kartu prakerja yang terkena PHK. Agenda itu sebagai bentuk dukungan kepada alumni Kartu Prakerja yang terkena PHK untuk memperoleh KUR Super Mikro.

“Acara ini menjadi program keberlanjutan bagi teman-teman yang sudah menjadi alumni Kartu Prakerja yang saat ini berwirausaha dan ingin naik kelas, bukan hanya ke kelas mikro tetapi juga ke kelas kecil dan menengah. Program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan,” tutur Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada 17 Ruas Jalan Kawasan Wisata Rusak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement