Advertisement

YIA Akan Jadi Bandara Pertama untuk Uji Coba GeNose

Anitana Widya Puspa
Rabu, 24 Februari 2021 - 22:17 WIB
Sunartono
YIA Akan Jadi Bandara Pertama untuk Uji Coba GeNose Penumpang keluar dari area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I akan menguji coba tahap pertama implementasi alat skrining GeNose C-19 di Yogyakarta International Airport (YIA).

VP Corporate Secretary Handy Heryudhitiawan menjelaskan saat ini sedang berkoordinasi dengan intens kepada seluruh pemangku kepentingan terkait dengan rencana penerapan Genose C-19 dalam pemeriksaan kesehatan bagi pelaku perjalanan transportasi udara.

Advertisement

Handy menjelaskan Kementerian Perhubungan telah meminta operator bandara pelat merah untuk melakukan berbagai persiapan di antaranya dengan membuat tahapan dan pelaksanaan uji coba, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan Genose C-19 hingga berkoordinasi ke pihak penyedia layanan.

BACA JUGA : GeNose Jadi Pilihan Tes Covid-19 Pesawat dan Kapal Mulai

Kemudian juga menyiapkan area khusus yang berfungsi sebagai tempat/ruang penggunaan alat Genose C-19 dan menyiapkan prosedur standar dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi penumpang transportasi udara.

“Tahap uji coba pertama di bandara yang kami kelola akan dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta. Saat ini pemesanan alat tersebut juga sedang berlangsung,” ujarnya kepada JIBI/Bisnis, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya kendati GeNose akan mulai diterapkan sebagai salah satu opsi bagi penumpang pesawat, layanan Rapid Test PCR Antigen juga masih akan tetap ada karena masih menjadi persyaratan bagi penumpang transportasi udara dari Satgas Penanganan Covid-19. Dia juga mengharapkan adanya pertumbuhan jumlah penumpang kendati kenaikannya belum dapat diprediksikan.

BACA JUGA : GeNose Bisa Dongkrak Prariwisata Jogja

“Tentunya sambil kami juga sama-sama menunggu kebijakan selanjutnya dari Pemerintah Pusat dan Satgas Penanganan Covid-19 terutama jika uji coba Genose C-19 di salah satu bandara kami telah dinyatakan berhasil dan dapat diterapkan sebagai syarat bepergian penumpang pesawat udara di semua bandara,” imbuhnya.

Sebagai gambaran, selama ini dengan berlakunya Rapid Antigen sebagai salah satu dokumen kesehatan, AP I mencatat sejak periode akhir tahun lalu pada 18 Desember 2020 hingga 22 Februari 2021 ini telah melayani hingga 276.031 Rapid Test Antigen di 14 bandara yang kami kelola atau mencapai rata-rata 4.120 RT Antigen per hari.

BACA JUGA : Mulai 6 Januari 2021, Tes dengan GeNose C19

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sejauh ini untuk sektor kereta api, animo masyarakat dalam menggunakan GeNose sangat bagus dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan alat deteksi Covid-19 tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement