Selfie di Australia? Ini Aturannya

Ilustrasi selfie (msn.com)
03 Maret 2015 12:20 WIB News Share :

Selfie di Australia ternyata tidak dapat dilakukan sembarangan. Sebab terdapat produk hukum yang mengatur hal ini.

Harianjogja.com, BANTUL-Dapat dikatakan selfie menjadi gaya hidup masyarakat modern. Namun Australia ternyata tak mengamini tren setter tersebut. Bahkan negara ini memiliki aturan yang mengatur hal tersebut.

Informasi ini disampaikan Subarno. Guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) SD Bantul Timur yang mendapat kesempatan menjalani pertukaran tenaga pendidik di Australia.

Menurut dia, meski perilaku dan budaya masyarakat Australia modern, tetapi mereka memiliki sikap dalam menyikapi kemajuan teknologi kamera ataupun perekam dalam fasilitas ponsel. Pemerintah setempat memiliki produk hukum yang melarang setiap orang seenaknya sendiri menggunakan kamera maupun ponsel untuk selfi atau pengambilan visual obyek warga setempat.

Kesadaran warga khususnya anak-anak cukup tinggi menyikapi sorot kamera dibanding negara lain. Bahkan, Subarno memastikan anak-anak setingkat SD dan SMP sudah berani menyatakan keberatan, apabila ada pihak lain yang seenaknya memotret tanpa izin terlebih dahulu.

"Mereka tahu etika dan hukum. Tak heran anak-anak pun akan melaporkan ke polisi kalau tahu wajah mereka dipotret tanpa izin terlebih dulu. Jadi tidak bisa disini seenaknya selfi," terang dia, Senin (2/3/2015) kepada Harianjogja.com melalui sambungan telepon.