Advertisement

Banjir Bekasi Rendam Ratusan Rumah Kosong Ditinggal Mudik

Newswire
Sabtu, 13 April 2024 - 23:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Banjir Bekasi Rendam Ratusan Rumah Kosong Ditinggal Mudik Banjir yang melanda Bekasi, Jawa Barat merendam ratusan rumah warga yang sebagian besar kosong, Sabtu (13/4/2024). - Harian Jogja - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan banjir yang melanda Bekasi, Jawa Barat merendam ratusan rumah warga yang sebagian besar kosong karena ditinggal mudik Lebaran.

“Ada 500 unit rumah terendam banjir, sebagian besar rumah dalam keadaan kosong ditinggal mudik pemiliknya,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2024).

Advertisement

Kendati demikian, BPBD Bekasi telah membentuk tim siaga yang melibatkan warga, sehingga dampak banjir yang merendam rumah warga bisa cepat ditanggulangi

Abdul memastikan tim siaga juga telah melakukan langkah penanggulangan mengatasi luapan Kali Bekasi yang merupakan muara penghubung Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi, termasuk menangani kerusakan tanggul kali yang jebol akibat tidak mampu menahan besarnya debit air.

Sejauh ini, BNPB tidak menerima laporan adanya korban jiwa atas bencana banjir tersebut. Dari pemantauan terbaru, situasi banjir juga mulai surut.

Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB sebelumnya melaporkan banjir tersebut diakibatkan luapan kali Bekasi dan diperparah rusaknya tanggul penahan akibat tidak mampu menahan debit air yang datang dari Sungai Cikeas dan Cileungsi setelah diguyur hujan intensitas deras berdurasi panjang, Sabtu (13/4) malam.

Akibatnya, sebanyak 500 keluarga menjadi korban, rumahnya digenangi banjir setinggi 40- 60 sentimeter. Laporan tim BNPB menyebutkan ratusan korban banjir tersebut tercatat sebagai warga Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Jatiasih, dan Kecamatan Pondok Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Kulonprogo dan Angkasa Pura 1 Kerja Sama Tingkatkan Daya Saing

Kulonprogo
| Selasa, 30 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement