Advertisement

World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh

Newswire
Senin, 29 April 2024 - 12:07 WIB
Lajeng Padmaratri
World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh Warga Palestina memperhatikan kendaraan World Central Kitchen (WCK) yang rusak setelah serangan Israel di Kota Deir el-Balah di Jalur Gaza tengah, Palestina, Selasa (2/4/2024). ANTARA - Xinhua

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—World Central Kitchen (WCK) di Jalur Gaza akan kembali beroperasi setelah tujuh pekerja bantuannya terbunuh dalam serangan Israel awal April ini.

“Situasi kemanusiaan di Gaza masih mengerikan. Kami mulai kembali beroperasi dengan energi, martabat, dan fokus yang sama untuk memberi makan sebanyak mungkin orang,” kata kepala eksekutif badan amal tersebut, Erin Gore, lewat sebuah pernyataan, Minggu (28/4/2024) dikutip dari Antara.

Advertisement

BACA JUGA: Peringatan BMKG: Waspada! Gelombang Tinggi di Samudra Hindia sampai Selat Sunda

WCK akan terus mengirim makanan sebanyak mungkin ke Gaza, termasuk Gaza utara, melalui jalur darat, laut, dan udara.

“Kami memiliki 276 truk yang berisi setara dengan hampir 8 juta makanan, yang siap didatangkan melalui penyeberangan Rafah. Kami juga akan mengirimkan truk dari Yordania. Kami sedang menjajaki koridor maritim dan memanfaatkan Pelabuhan Ashdod,” urainya.

Selain 68 dapur umum, WCK juga tengah mendirikan dapur dengan produksi tinggi ketiga di Mawasi, dua lainnya masing-masing di Rafah dan Deir al-Balah.

Serangan Israel menewaskan tujuh pekerja bantuan WCK pada 1 April lalu. Korban antara lain tiga warga negara Inggris, satu warga negara Australia, satu warga negara Polandia, satu berkewarganegaraan ganda AS-Kanada, serta satu warga Palestina.

Kematian mereka lantas menuai kecaman keras di seluruh dunia dan seruan pertanggungjawaban. Banyak orang, termasuk pendiri WCK Jose Andres, menolak klaim Israel bahwa serangan tersebut adalah sebuah “kesalahan” dan sebuah kasus “salah identifikasi.”

BACA JUGA: Mendapat Uang dalam Waktu Lima Menit

Sebelum menghentikan operasinya, Gore mengatakan WCK telah mendistribusikan lebih dari 43 juta makanan di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Israel terus melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza, menyusul serangan 7 Oktober yang dilakukan kelompok perlawanan Palestina, Hamas. Serangan Hamas itu disebut menewaskan hampir 1.200 orang.

Akibat gempuran Israel, sudah lebih dari 34.400 warga Palestina terbunuh dan ribuan orang lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan krisis kebutuhan pokok.

Sebagian besar wilayah Gaza hancur hingga memaksa 85% penduduknya mengungsi di tengah pemutusan akses makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyelundupan Benih Lobster Digagalkan di Bandara YIA, Tersangka Melarikan Diri

Jogja
| Rabu, 15 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement