Advertisement

Gunung Ruang Naik ke Level Awas, Masyarakat Diimbau Evakuasi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 30 April 2024 - 08:57 WIB
Ujang Hasanudin
Gunung Ruang Naik ke Level Awas, Masyarakat Diimbau Evakuasi Gunung Ruang Erupsi Lagi, Status jadi Awas! Masyarakat Diimbau Evakuasi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dinaikan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas). Kabar itu diinformasikan oleh akun instagram PVMBG.

Masyarakat yang berada disekitar G. Ruang agar tetap memperhatikan dan selalu mengikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi serta arahan dari instansi terkait di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.
Pada tingkat aktivitas G. Ruang Level IV (AWAS) direkomendasikan sebagai berikut:

Advertisement

Masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif G. Ruang (Lampiran

Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

BACA JUGA: Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Tingkat aktivitas G. Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

Gunung Ruang terletak di KabKota Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara dengan posisi geografis di Latitude 2.3031°LU, Longitude 125.3667°BT dan memiliki ketinggian 725 mdpl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Suluh Sumurup Art Festival: Keterbatasan Bukan Jadi Penghalang untuk Berekspresi

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement