Advertisement

Exit Tol Jogja-Solo Ditambah, Ada yang Mengarah ke Lereng Merapi

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 24 Mei 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Exit Tol Jogja-Solo Ditambah, Ada yang Mengarah ke Lereng Merapi Alat berat membongkar bangunan rumah warga saat eksekusi lahan kena proyek jalan tol Jogja-Solo di Desa Pepe, Kecamatan Ngawen, Klaten, Rabu (10/5/2023) - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Jalan tol Solo-Jogja bakal memiliki empat exit toll di wilayah Klaten. Ada tambahan satu exit toll yang rencananya mengarah ke kawasan lereng Gunung Merapi.

Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pelaksana jalan tol tersebut, Muhammad Amin mengatakan exit toll yang bakal ada di Klaten meliputi exit toll Karanganom yang mengarah ke Jalan Nasional.

Advertisement

Kemudian ada exit toll Ngawen, exit toll Prambanan dengan satu lokasi menuju ke jalan raya Jogja-Solo dan satu lagi di Manisrenggo. “[Exit toll Manisrenggo] mengakomodasi permintaan dari Ngarsa Dalem [Sri Sultan HB X],” kata Amin, Rabu (24/5/2023).

Exit toll Solo-Jogja di wilayah Manisrenggo, Klaten, itu salah satunya untuk mendukung pariwisata di lereng Gunung Merapi. Hanya saja, pembangunan exit toll di Manisrenggo belum dikerjakan bersamaan dengan proyek pembangunan jalan tol saat ini.

BACA JUGA: Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Sudah Terbayarkan Rp3,5 Trilun

Calon lokasi untuk exit toll menuju kawasan lereng Gunung Merapi berada di Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo. Pekan lalu, sejumlah pemilik lahan terdampak tol di Borangan menerima uang ganti rugi guna pembebasan lahan.

Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono mengatakan jumlah total lahan terdampak tol di Borangan ada 132 bidang. Dari jumlah itu, uang ganti rugi untuk 98 bidang sudah dicairkan. Sisanya menunggu validasi dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). 

“Borangan ini nantinya menjadi exit toll. Namun, pelaksanaannya belum tahun ini. Mungkin beberapa tahun lagi. Yang penting tanah dibebaskan dulu karena sudah masuk dalam penetapan lokasi,” kata Sulis. 

Sebelumnya diberitakan, selain exit toll, di wilayah Klaten nantinya juga ada dua rest area, masing-masing di Demakijo, Kecamatan Karangnongko, dan Ngawen, Kecamatan Ngawen.

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Solo-Jogja di Klaten hingga kini disebut sudah mencapai 90%. Sedangkan total uang ganti rugi untuk pembebasan lahan tol yang sudah dibayarkan mencapai Rp3,5 triliun.

Sumber: Solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement