Advertisement

Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Sudah Terbayarkan Rp3,5 Trilun

Taufiq Sidik Prakoso
Sabtu, 20 Mei 2023 - 17:02 WIB
Maya Herawati
Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Sudah Terbayarkan Rp3,5 Trilun Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Jogja Solo (Joglo) di Klaten, Jawa Tengah, sudah mencapai 90%. Total uang ganti rugi (UGR) untuk pembebasan lahan tol yang sudah dibayarkan mencapai Rp3,5 triliun.

Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, mengatakan jumlah total bidang lahan yang sudah dibebaskan mencapai 3.470 bidang. “Lahan yang sudah dibebaskan tersebar di sekitar 48 desa,” jelas Sulis, Jumat (19/5/2023).

Advertisement

Lahan untuk pembangunan Tol Jogja-Solo tersebar di 51 desa yang berada di 11 kecamatan di Klaten. “Saat ini masih ada di tiga desa/kelurahan yang belum menyelesaikan pembebasan lahan,” kata Sulis.

Ketiga wilayah itu meliputi Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara; Desa Kwaren, Kecamatan Ngawen; serta Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen.

Proses pembebasan lahan di ketiga desa/kelurahan itu masih menunggu penetapan lokasi (penlok) Tol Joglo yang melintasi ketiga wilayah tersebut. Penlok diubah karena ada perubahan desain exit toll di Ngawen. Perubahan desain itu tidak berpengaruh pada trase utama Tol Joglo.

Pembayaran UGR Tol Jogja Solo terbaru di Klaten berlangsung di Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo. Ada pemilik 99 bidang lahan yang menerima uang ganti rugi di desa tersebut.

Diserahkan ke Anak

Salah satu warga Borangan yang menerima UGR, Warno Miarjo, 80, menerima UGR sekitar Rp400 juta dari sawah sawah sekitar 400 meter persegi.

Warno berencana membagi UGR tol Jogja-Solo yang diterima untuk ketiga anaknya. Dia memilih tak menggunakan UGR lantaran merasa sudah sepuh. “Kalau saya sudah tua. Anak saya hanya tiga. Caranya membagi mudah. Berbeda dengan yang memiliki anak banyak],” kata pria yang sehari-hari bekerja mencari rumput untuk pakan ternak dan petani itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Hansip hingga Driver Gojek Nonton Timnas Indonesia U-23 saat Melawan South Korea U-23 Piala Asia 2024 di Qatar

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement