Advertisement

Tok! Mahfud MD Resmi Jadi Plt Menkominfo

Akbar Evandio
Senin, 22 Mei 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Tok! Mahfud MD Resmi Jadi Plt Menkominfo Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menkopolhukam RI) Mahfud MD mengunjungi media center KTT ke-42 Asean 2023 di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, NTT, pada Selasa (9/5/2023) malam. JIBI - Bisnis/Erta Darnawati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD resmi bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Hal ini disampaikannya usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (22/5/2023), di mana disampaikannya bahwa dia telah menerima Surat Keputusan (SK) terkait tugas barunya untuk menggantikan Johnny G Plate yang menjadi tersangka kasus BTS Kominfo.

Advertisement

“Saya hari ini baru menghadap Presiden untuk tugas saya sebagai Plt Menkominfo, SK itu sudah saya terima pada Jumat kemarin dan sejak Sabtu hingga Minggu saya terus melakukan pendalaman-pendalaman terhadap tugas pokok di Kemenkominfo,” tuturnya kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin.

Lebih lanjut, dia mengaku bahwa terdapat salah satu amanat dari orang nomor satu di Indonesia itu untuk menganalisa kasus korupsi menara pemancar seluler atau Base transceiver station (BST) Kemkomifo. “Dan tugas khusus terkait dengan munculnya kasus BTS, saya melaporkan dan saya sudah siap bekerja,” pungkas Mahfud.

BACA JUGA: Pengacara Tersangka Korupsi BTS Bicara soal Kerugian Negara Rp8 Triliun

Sebelumnya, Mahfud MD sebelum menemui Jokowi juga terlihat telah yang menjadi inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023 di Kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana tugas (Plt) menggantikan Johnny Plate. 

Hal ini disampaikannya saat ditanyakan terkait isu yang berkembang mengenai dipanggilnya Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ke Istana Merdeka pada Senin (15/5/2023) yang disertai rumor tawaran sebagai Menkominfo pengganti Johnny Plate. Plate saat ini berstatus sebagai tersangka dalam kasus BTS Kemkominfo. “[Penggantinya] Pak Menkopolhukam. Plt-nya Pak Menkopolhukam,” tegasnya.

 Untuk diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate resmi menjadi tersangka dalam kasus korupsi menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) Kemkominfo. 

Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi mengatakan bahwa penetatapan Johnny dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan yang mendalam. "Berdasarkan pemeriksaan tersebut kami meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka," ujarnya kepada wartawan, Rabu (17/5/2023).

Adapun, resminya status Johnny sebagai tersangka terjadi pada Rabu (17/5/2023) itu juga bertepatan dengan Rabu Pon, dimana menjelang Pemilu 2024 isu perombakan (reshuffle) kabinet terus bergulir dan kian menghangat pada hari sakral tersebut. 

Bahkan, belum lama ini Presiden Joko Widodo pun menyebut tak menutup kemungkinan untuk melakukan perombakan (reshuffle) kabinet sehingga jajaran menteri hanya akan diisi oleh profesional dan parpol koalisi pendukung pemerintah. “Ya, bisa saja [ada reshuffle],” kata Jokowi, Senin (15/5/2023). 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement