Advertisement

Punya Komunitas Berisi 100.000 Orang, Tuntas Subagyo Akan Hitamkan Indonesia

Media Digital
Kamis, 24 November 2022 - 15:22 WIB
Budi Cahyana
Punya Komunitas Berisi 100.000 Orang, Tuntas Subagyo Akan Hitamkan Indonesia Komunitas Bocahe Mas Tuntas. - Istimewa

Advertisement

SUKOHARJO—Pendiri komunitas Bocahe Mas Tuntas, Tuntas Subagyo, 44, menargetkan sudah bisa menghitamkan wilayah Indonesia pada akhir 2022.

Pria yang juga pendiri Ormas Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB) sekaligus Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) tersebut optimistis anggota komunitas Bocahe Mas Tuntas sudah tersebar merata di seluruh wilayah Tanah Air pada akhir 2022.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tuntas membentuk komunitas Bocahe Mas Tuntas (BMT) yang fokus melakukan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Target saya akhir 2022 seluruh wilayah Indonesia sudah menghitam [karena menjadi] basecamp komunitas Bocahe Mas Tuntas. Menghitam yang saya maksud karena warna hitam yang dipakai teman-teman komunitas Bocahe Mas Tuntas,” ujar Tuntas Subagyo saat diwawancara di rumahnya, Selasa (15/11/2022).

Komunitas Bocahe Mas Tuntas bergerak di berbagai kegiatan masyarakat, khususnya pemberdayaan UMKM. Oleh karena itu, Tuntas Subagyo mengatakan ingin memberikan kontribusi sesuai kebutuhan komunitas.

“Kontibusi kami apa yang bisa dimaksimalkan, apa yang bisa kami bantu akan kami bantu dalam kegiatan positif dan dapat memberikan energi,” tuturnya.

Selain mengadakan kegiatan yang memberdayakan UMKM, Tuntas berharap ada nuansa demokrasi berbeda yang tumbuh di dalam komunitas. Anggota komunitas Bocahe Mas Tuntas ini diklaim lebih dari 100.000 orang.

Mereka berasal dari berbagai kalangan dan tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan pulau lain di Indonesia. Mereka sudah mendirikan basecamp di setiap RT dan kelurahan di Indonesia.

Advertisement

“Ruang gerak teman-teman [komunitas Bocahe Mas Tuntas] ini di berbagai kegiatan masyarakat. Kami mengarahkan mereka bisa berkreasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di lingkungan. Kegiatannya harus positif,” urai sang pendiri Partai Kedaulatan Rakyat (PKR).

Komunitas Bocahe Mas Tuntas didorong melakukan kegiatan atau kreativitas dalam hal pemberdayaan UMKM. Sejauh ini, katanya, sudah ada beberapa basecamp yang mendirikan UMKM.

“Selama ini sudah berjalan. Dari beberapa basecamp itu sudah berdiri UMKM seperti warmindo, wedangan, hik, dan lain-lain. Itu yang dilakukan anggota atau penghuni basecamp di basecamp,” ungkap dia.

Advertisement

Contoh kegiatan yang dilakukan komunitas Bocahe Mas Tuntas Kartasura, Sukoharjo rutin mengadakan bakti sosial berbagi sarapan gratis bagi masyarakat di Gumpang, Kartasura hingga masyarakat umum. Komunitas tersebut melibatkan UMKM yang membuka usaha angkringan.

Tuntas Subagyo menuturkan jumlah basecamp komunitas Bocahe Mas Tuntas saat ini sudah mencapai ribuan. Basecamp komunitas Bocahe Mas Tuntas yang fokus pemberdayaan UMKM ini tersebar di Jawa Tengah, Jogja, Jawa Timur, Sumatra Barat, Lampung, Papua, Sulawesi, dan Kalimantan Barat.

Tuntas berharap pembentukan komunitas Bocahe Mas Tuntas selain untuk pemberdayaan UMKM juga memberikan pembelajaran demokrasi kepada seluruh rakyat Indonesia. (***)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jelang Pernikahan Kaesang, Warga Purwosari Mlati Pasang Spanduk Sambut Jokowi

Sleman
| Minggu, 04 Desember 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement