Advertisement

Calon Haji yang Sakit Akan Diberangkatkan Tahun Depan

Jumali
Jum'at, 01 Juli 2022 - 13:27 WIB
Jumali
Calon Haji yang Sakit Akan Diberangkatkan Tahun Depan Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat yang akan memberangkatkannya ke Arab Saudi. Ilustrasi. - ANTARA/Umarul Faruq

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan calon haji yang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan tertunda hingga keberangkatan kloter terakhir pada musim haji 2022 akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun depan.

"Jadi calon haji yang sakit ini, jika kesehatan sudah pulih dan layak terbang akan diberangkatkan bersama kloter terakhir atau kloter 43 gabungan dari empat daerah yakni Purbalingga, Pekalongan, Tegal, dan Sleman," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, dikutip dari laman Pemkabboyolali, Jumat (1/7/2022).

Ia menjelaskan calon haji Embarkasi Solo yang masih menjalani perawatan dan dirujuk ke rumah sakit masih ada empat orang yakni dua orang dari kloter 27 dan 29 dirawat di Poliklinik Asrama Haji Donohudan, satu lainnya kloter 37 di RSUD Dr Moewardi Solo, satu orang dari kloter 35 dirawat di RS Deli Serdang.

Jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Boyolali ini terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanan ke barat, Arab Saudi.

Fatchan Noer Hadiyanto (63) JCH yang tergabung dalam kloter 35 diturunkan lantaran mendadak sakit saat menempuh perjalanan menuju Jeddah.

Dia dan pendampingnya pun diturunkan saat pesawat dengan nomor penerbangan GIA 6135 saat transit sementara di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Menurut Sarip pemberangkatan calon haji kloter terakhir atau 43 Embarkasi Solo dijadwalkan diterbangkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada Minggu (3/7/2022) dini hari pukul 02.55 WIB.

"Kami berharap hingga pemberangkatan calon haji kloter 43. Calon haji yang sakit bisa diberangkatkan dengan kloter terakhir ke Tanah Suci," katanya.

Ia menjelaskan calon haji yang sakit dan masih dirawat di rumah sakit hingga pemberangkatan kloter terakhir jika belum bisa diberangkatkan ke Tanah Suci, akan batal atau ditunda dan dapat diberangkatkan lagi pada penyelenggaraan ibadah haji tahun berikutnya.

Disampaikannya juga bahwa calon haji Embarkasi Solo yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekah Arab Saudi, ada lima orang yakni satu dari Yogyakarta dan empat dari Jateng. Calon haji ini, diharapkan juga segera sembuh bisa mengikuti kegiatan umrah wajib dan kegiatan haji lainnya hingga puncaknya wukuf di Arafah.

Advertisement

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo, pada Kamis ini, telah memberangkatkan calon haji asal Kabupaten Purworejo dan Wonosobo tergabung kloter 38 sebanyak 360 calon haji, pada pukul 03.50 WIB.

"Kami baru saja memberangkatkan calon haji asal Wonosobo dan Temanggung tergabung kloter 39 sebanyak 360 orang, ke Tanah Suci, pada pukul 10.55 WIB," katanya.

Dengan pemberangkatan kloter 39, sehingga jumlah calon haji Embarkasi Solo ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, sebanyak 14.015 calon haji dari total kuota penyelenggaraan tahun ini, 15.477 orang yang terbagi 43 kloter.

Advertisement

PPIH Embarkasi Solo juga sedang menerima kedatangan calon haji asal Temanggung dan Blora tergabung kloter 40 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis ini. Calon haji kloter 40 ini, berasal dari Temanggung 140 orang dan Blora 216 orang ditambah empat petugas kloter sehingga total 360 orang, demikian Sarip Sahrul Samsudin.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Update Rasjal Gedongkuning, JPU Tunjukan Rekaman CCTV Bukti di Persidangan

Jogja
| Selasa, 09 Agustus 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement