Advertisement

Zulkifli Hasan Jadi Menteri, Siapa Pengganti Wakil Ketua MPR?

John Andhi Oktaveri
Kamis, 16 Juni 2022 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Zulkifli Hasan Jadi Menteri, Siapa Pengganti Wakil Ketua MPR? Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti serah terima jabatan menteri perdagangan di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Zuklifli Hasan telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan. Tiga nama menguat menggantikan posisinya sebagai Wakil Ketua MPR.

Ketua Fraksi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR,  Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pelantikan Ketua Umum PAN menjadi menteri perdagangan punya konsekuensi pergantian kepemimpinan di tubuh MPR yang selama ini dipegang oleh PAN. Karena itu, setidaknya tiga nama dinilai paling berpeluang untuk menggantikan posisi pimpinan parlemen tersebut.

Advertisement

Menurut Saleh, selain nama Anggota Komisi VII DPR PAN Asman Abnur, nama Sekjen PAN Eddy Soeparno dan nama Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto juga berpeluang menggantikan Zulkifli.

Hanya saja, pergantian itu belum segera dilakukan karena keputusan masuknya PAN ke kabinet diketahui setelah pelantikan Zulkifli dilakukan.

Baca juga: Jadi Menteri, Zulkifli Hasan Sesumbar Dirinya Bisa Atasi Minyak Goreng

“Tentu kami akan bahas dulu soal pergantian pimpinan MPR di internal partai sebelum diajukan nantinya,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis terkait kepimpinan PAN di MPR, Rabu (15/6/2022).

Saleh mengaku hingga kemarin belum ada informasi resmi di internal partai bahwa ketua umum PAN akan masuk ke kabinet.

Asman Abnur adalah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia pada Kabinet Kerja sejak tanggal 27 Juli 2016 hingga 14 Agustus 2018.

Dia juga punya latar belakang seorang pengusaha sebagaimana Zulkifli.

Teka-teki mengenai siapa menteri yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju akhirnya terkuak. Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto masuk dalam kabinet.

Zulkifli yang menggantikan Muhammad Lutfi, mantan panglima TNI Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi Tjahjanto menempati posisi yang sebelumnya ditempati Sofyan Djalil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BMKG

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Dia 2 Nama yang Bakal Disurvei Golkar untuk Pilkada Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement