Advertisement

Kronologi Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Mendag, Mendadak Dikabari Jam 7 Malam

Indra Gunawan
Rabu, 15 Juni 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Kronologi Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Mendag, Mendadak Dikabari Jam 7 Malam Presiden Joko Widodo memberi selamat kepada Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan, Rabu (15/6/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Zulkifli Hasan menjelaskan kronologi dirinya dipilih menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Dia mengaku baru ditelepon oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (14/6/2022) pukul 19.00 WIB malam.

“Saya baru tahu semalem, diberitahu jam 7 lalu diundang ke Istana. 'Pak Zul punya background bla bla..Pengalaman yang cukup, leadership ada'. Saya bilang 'siap',” tutur Zulkifli saat ditemui awak media di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (15/6/2022).

Advertisement

Dia melanjutkan, setelah selesai ditelepon jam 8 malam, dirinya kemudian diberitahu Jokowi jika pada Rabu (15/6/2022) pukul 12 siang akan dilantik.

“Terus jam 8 selesai, lalu katanya mau dilantik dan [saya] berangkatnya tadi jam 11 siang, nyampe jam 12 langsung diajak makan siang, ada ketua ketua umum, ada Pak Airlangga, Pak Imin, Pak Surya Paloh, ada Pak Prabowo Ketua Gerindra, ada Pak Suharso [Monoarfa]. Lengkap ketua-ketua partai koalisi,” bebernya. 

Zulkifli Hasan juga mengungkap alasan di balik Presiden Joko Widodo memilih dirinya sebagai Menteri Perdagangan. Menurutnya, Jokowi percaya jika pengalamannya selama ini mampu mengatasi persoalan dari minyak goreng dan ketersediaan pangan.

“[Presiden bilang] 'Tolong Pak Zul dengan background Pak Zul yang suka turun ke bawah, mengerti mikro, ritel, detail soal pangan ketersediaannya dan lain lain', diyakini kepercayaan besar Presiden, saya mampu melakukan dengan baik. Oleh karena itu fokusnya adalah pangan, ketersediaan pangan di dalam negeri ini penting sekali,” ujarnya.

BACA JUGA: Penggunaan Gas Bumi lewat Jaringan Pipa Diperluas di Jogja, Ini Keunggulannya

Selain itu, Ketua Umum PAN itu percaya diri jika dirinya mampu mengemban amanah Jokowi tersebut. Sebab, dengan sederet pengalamannya, masalah-masalah yang tertinggal sejak Mendag M. Lutfi bisa diatasi secepatnya.

“Saya mempunyai pengalaman panjang di pemerintahan. Saya juga dulu mitranya komisi VI mitranya kementerian perdagangan. Kalau kita bersama-sama minyak goreng yang lama gak selesai itu, saya kira-kira mudah-mudahan bisa diselesaikan, ketersediaan dan harganya yang terjangkau,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Siap-Siap! Gaji Ke-13 PNS Cair Juli

Jogja
| Selasa, 28 Juni 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement