Advertisement

Jadi Menteri, Zulkifli Hasan Sesumbar Dirinya Bisa Atasi Minyak Goreng

Indra Gunawan
Rabu, 15 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Jadi Menteri, Zulkifli Hasan Sesumbar Dirinya Bisa Atasi Minyak Goreng Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai serah terima jabatan di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022). - Indra Gunawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Usai dilantik jadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo, Zulkifli Hasan mengatakan ada beberapa langkah yang akan dilakukannya dalam mengatasi persoalan minyak goreng dan menstabilkan harga pangan di Tanah Air.

“Sebulan lalu pernah diskusi dengan pengusaha sawit itu. Ada skala prioritas perintah Presiden yaitu Rp14.000 [harga minyak goreng curah]. Ada di tempat sampai barangnya Rp14.000. Nah itu yang tidak tuntas. Nah saya diskusi dengan teman-teman ada beberapa cara. Kalau itu dilakukan dengan cepat bisa mengatasinya,” ujar Zulkifli yang enggan merinci lebih lanjut di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurutnya, dia akan segera mengungkap strateginya tersebut secepatnya. “Besok dong kan ini baru dilantik. Besok kita akan lihat pasar abis itu ke bawah,” imbuh Ketua Umum PAN itu.

BACA JUGA: Kocak! Pelayat Eril Malah Ucapkan Selamat Idulfitri ke Ridwan Kamil

Zulhas menyampaikan bahwa targetnya sebagai mendag ke depan adalah ketersediaan pangan dan harganya yang terjangkau. “Oleh karena itu fokusnya adalah pangan, ketersediaan pangan di dalam negeri ini penting sekali,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Lebih lanjut, Zulhas pun mengaku akan segera menindaklanjuti rencana penghapusan minyak goreng curah dan menggantinya dengan kemasan sederhana. Dia menilai sejatinya transisi tersebut tidak terlalu rumit lantaran selisih harganya yang tipis.

“Curah sama kemasan itu paling bedanya Rp500, itu problemnya kita selesaikan,” ucapnya.

Zulkifli Hasan resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi mendag dalam reshuffle kabinet jilid III, Rabu (15/6/2022).

Zulhas mengisi kursi yang sebelumnya ditempati M. Lutfi yang dinilai gagal mengatasi krisis minyak goreng dan harga pangan. Zulhas sudah malang melintang di dunia perpolitikan Tanah Air. Saat ini dia menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Sebelumnya, Zulhas pernah menjabat sebagai Ketua MPR pada 2014-2019.

Zulhas di era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah menjabat Menteri Kehutanan pada 2009-2014. 

Di internal partai, Zukifli Hasan pernah menjabat sebagai Sekjen pada 2005-2010. Ia mulai menjadi Ketua Umum PAN sejak 2015 hingga saat ini. Dirinya saat itu menggantikan Hatta Rajasa yang kalah dalam Pilpres 2014 saat berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement