Advertisement

Pengelola Bandara YIA Kurangi Pegawai Seusai Sepi Penumpang

Anitana Widya Puspa
Senin, 06 Desember 2021 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Pengelola Bandara YIA Kurangi Pegawai Seusai Sepi Penumpang Suasana bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (1/5/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pengelola Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA berencana untuk melakukan pengurangan pegawai untuk mengurangi beban biaya operasional usai sepi penumpang.

PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan jumlah pegawai yang bakal terimbas kebijakan rasionalisasi tersebut masih diperhitungkan. Adapun, beban operasional perusahaan mencapai dua kali lipat lebih besar dari pendapatan yang diperoleh.

"Rasionalisasi dilakukan terhadap pegawai outsourcing yang telah berakhir masa kontraknya untuk mengurangi beban biaya operasi," katanya, Senin (6/12/2021).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dia menambahkan kebijakan rasionalisasi tersebut baru pada tahun ini dilakukan akibat beban operasi yang semakin besar. Pada tahun lalu, sebutnya, efisiensi hanya dilakukan dalam bentuk pengurangan jam kerja dan pendapatan pegawai.

Tak hanya dari sisi pegawai, langkah efisiensi juga ditempuh melalui penghematan atau downsizing sejumlah fasilitas yang ada di Bandara YIA. Sampai dengan, pengurangan penggunaan utilitas seperti air dan listrik di bandara.

BACA JUGA: Akankah Bandara YIA Bakal Senasib dengan Bandara Kertajati? Ini Solusinya

Pada 2022, Agus berencana melaksanakan penghematan sekitar 20 persen biaya operasional. Hal tersebut seiring dengan penurunan anggaran operasional dari Rp300 miliar menjadi Rp156 miliar pada tahun depan.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I tengah menyiapkan program restrukturisasi operasional dan finansial perusahaan yang ditargetkan rampung pada Januari 2022 akibat menanggung beban utang hingga Rp35 triliun.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Moncer di IATC 2022, Pemkab Gunungkidul Janjikan Penghargaan untuk Veda

Gunungkidul
| Kamis, 06 Oktober 2022, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement