Waspada! Mereduksi Pancasila Bikin Bangsa Terpuruk

Diskusi tentang Pancasila di Kantor DPD RI, Minggu (7/2/2021). - Ist.
08 Februari 2021 06:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan landasan yang paling tepat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Konsep ini telah disusun pendiri bangsa sebagai konsensus nasional dengan penuh pertimbangan. Sejarah telah membuktikan bahwa upaya mereduksi bahkan mengganti Pancasila justru berdampak pada keterpurukan.

Alumnus Lemhanas Angkatan LX Wajdi Rahman menjelaskan, lima sila dalam Pancasila merupakan tatanan yang paling tepat untuk kondisi majemuk masyarakat Indonesia. Di mana pancasila menuntut umat beragama dan berkepercayaan untuk hidup rukun walaupun berbeda keyakinannya.  Kemudian mengajak masyarakat untuk mengakui dan memperlakukan setiap orang sebagai sesama manusia yang memiliki martabat mulia serta hak-hak dan kewajiban asasi.

BACA JUGA : GKR Hemas: Kearifan Lokal Jogja Mengandung Nilai Luhur 

“Pancasila juga menumbuhkan sikap masyarakat untuk mencintai tanah air, bangsa, dan negara Indonesia, ikut memperjuangkan dan mengambil sikap solider serta loyal terhadap sesama warga negara,” katanya dalam keterangan persnya. Diskusi tentang Pancasila itu digelar dalam Sosialisasi Tata Kehidupan berbangsa dan Bernegara MPR RI di Kantor DPD RI DIY, Jalan Kusumanegara 133, Kota Jogja Minggu (7/2/2021).

Wajdi Rahman menambahkan pancasila juga mengajak masyarakat untuk bersikap peka dan ikut serta dalam kehidupan politik dan pemerintahan negara. Serta mengajak masyarakat aktif dalam memberikan sumbangan sesuai dengan kemampuan kepada negara demi terwujudnya kesejahteraan umum.

Anggota DPD RI Cholid Mahmud menyatakan sebagai konsensus nasional para pendiri bangsa hendaknya dasar negara tidak digeser atau direduksi menjadi sangat sekuleristik sehingga bertentangan dengan nilai agama. Sejarah telah membuktikan mereduksi dasar negara justru membawa keterpurukan.

BACA JUGA : Ini Pengakuan Masing-Masing Kelompok dalam Bentrok

“Siapapun, termasuk rezim, pemerintahan kapan pun, apabila mengeser dan mereduksi dasar negara Pancasila, terbukti dalam sejarah pasti membawa pada keterpurukan pada kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya,

Upaya mereduksi tersebut harus diwaspadai dan dihindari. Karena dikhawatirkan bukan kemajuan dan kemakmuran yang dicapai justru penghamburan energi dan berdampak pada pecah belah bangsa. “Sehingga semua komponen bangsa perlu menyadari saatnya kita beraksi mengamalkan nilai pancasila,” ujarnya.