Minggu Dinihari, Posisi Bulan dan Planet Venus Berdekatan

Planet Venus
12 Desember 2020 20:47 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Fenomena langit berupa konjungsi bulan dan planet Venus akan terjadi besok, Minggu (13/12). Menurut data Pussain Lapan, puncak konjungsi bulan dan Venus akan terjadi pada pukul 02.45 WIB dengan sudut pisah 1,25 derajat. Akan tetapi, kedua obyek langit ini baru terbit pada pukul 04.00 WIB dari arah timur Tenggara.

BACA JUGA : Ada 300 Juta Planet yang Layak Dihuni Manusia

Artinya, bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena ini, bisa memasang alarm pukul 04.00 WIB tersebut. Adapun sudut pisah kedua planet ini sebesar 1.45 derajat dan terakhir terlihat ketika matahari terbit pada pukul 05.30 WIB, dengan sudut pisah 2 derajat.

Sementara itu, dikutip dari akun instagram infoastronomy, dalam pandangan mata telanjang, Venus nantinya akan muncul bagai bintang.

Itu karena jarak antara bumi dan venus yang sangat jauh di tata surya. Bumi dan venus terpisah sejaug sekitar 41 juta kilometer seingga venus hanya muncul sangat kecil seperti bintang tetapi sangat terang.

BACA JUGA : Jangan Lewatkan! Ada Hujan Meteor hingga Penampakan

Untuk menyaksikannya lebih jelas, Anda bisa menggunakan teleskop. Dan menariknya, fenomena ini bisa disaksikan dari seluruh Indonesia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia