Advertisement

Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 September 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang Ilustrasi penampakan Bumi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Para penumpang pesawat jelajah luar angkasa Polaris Dawn SpaceX akhirnya berhasil kembali dengan selamat ke Bumi pada Minggu (15/9/2024) setelah lima hari bersejarah mereka berada di orbit bumi.

Kapsul Dragon yang mereka tumpangi mendarat di Teluk Meksiko dekat Dry Tortugas Florida tak lama setelah pukul 3.37 pagi waktu setempat (8.37 pagi BST), membawa serta pengusaha teknologi miliarder dan penyandang dana misi sekaligus tangan kanan Elon Musk, Jared Isaacman, dua teknisi SpaceX, dan mantan pilot Thunderbird angkatan udara.

Advertisement

Dilansir dari Guardian beberapa saat setelah pendaratan dalam kegelapan dini hari, perusahaan antariksa Elon Musk merayakannya di platform media sosialnya, X, dengan mengatakan, "Pendaratan Dragon dikonfirmasi! Selamat datang kembali di Bumi."

Awak yang semuanya sipil melakukan perjalanan luar angkasa pribadi pertama saat terbang hampir 460 mil (740 km) di atas Bumi, lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dan teleskop luar angkasa Hubble.

Pesawat ruang angkasa mereka mencapai ketinggian puncak 875 mil setelah lepas landas pada hari Selasa (10/9/2024).

Isaacman menjadi orang ke-264 yang melakukan perjalanan luar angkasa sejak Uni Soviet pertama kali melakukannya pada 1965, dan Sarah Gillis dari SpaceX menjadi orang ke-265.

Hingga saat ini, semua perjalanan luar angkasa dilakukan oleh astronot profesional. “Misi kami selesai,” Isaacman memberi tahu lewat radio saat kapsul itu bergoyang di air, menunggu tim penyelamat.

Martin Barstow, seorang profesor astrofisika dan sains antariksa di Universitas Leicester, menyebut misi itu sebagai “tonggak sejarah” dalam eksplorasi antariksa komersial dan sebuah sinyal bahwa melakukan aktivitas di antariksa bukan lagi menjadi hak istimewa badan-badan yang didukung pemerintah.

BACA JUGA: Astronot William Anders Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Palka kapsul Dragon terbuka selama hampir setengah jam selama perjalanan antariksa komersial hari Kamis. Isaacman muncul dengan tubuh setinggi pinggangnya untuk menguji sebentar pakaian antariksa baru SpaceX, diikuti oleh Gillis, yang berdiri setinggi lutut saat ia melenturkan lengan dan kakinya selama beberapa menit.

Gillis, seorang pemain biola yang terlatih secara klasik, membawakan Rey’s Theme dari film Star Wars: The Force Awakens di orbit awal minggu ini. Operasi di sekitar perjalanan antariksa berlangsung kurang dari dua jam, jauh lebih singkat daripada yang dilakukan di Stasiun Antariksa Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Ini Lokasi Layanan SIM Keliling Sleman September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement