Advertisement

Pakistan Memperingati Hari Hitam Bersamaan Perayaan Kemerdekaan India

Newswire
Jum'at, 16 Agustus 2019 - 03:57 WIB
Sunartono
Pakistan Memperingati Hari Hitam Bersamaan Perayaan Kemerdekaan India Ilustrasi korban ledakan tambang batu bara di Pakistan. - REUTERS/Naseer Ahmed

Advertisement

Harianjogja.com, ISLAMABAD--Pakistan memperingati "Hari Hitam" bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan India, Kamis (15/8/2019). Sementara salah satu kelompok militan yang bertempur melawan kekuasaan India di Kashmir memimpin protes di bagian Pakistan dari kawasan yang diperselisihkan itu.

Para pendukung kelompok Hizbul Mujahideen termasuk di antara 1.000 orang yang berunjuk rasa melintasi Muzaffarabad, Ibu Kota Azad Kashmir di kawasan Pakistan, dengan membawa bendera-bendera hitam dan meneriakkan slogan-slogan anti-India.

Advertisement

"Sepanjang India meneruskan pendudukan kawasan Kashmir, kami akan bertempur di wilayah pendudukan dengan penuh kekuatan," kata Wakil Panglima Hizbul Mujahideen, Saifullah Khalid, kepada hadirin.

"Hingga pengusiran prajurit terakhir India, perjuangan bersenjata kami akan terus berlanjut."

India sudah melarang Hizbul Mujahideen karena dianggap organisasi teroris, yang sudah lama mengatakan Pakistan danai, bersama dengan kelompok-kelompok serupa. Islamabad membantahnya, walaupun tidak melarang kelompok itu.

Surat-surat kabar membuat tanda-tanda hitam dan para politisi termasuk Perdana Menteri Imran Khan mengganti gambar-gambar sosial media dengan kotak hitam. Bendera-bendera di gedung-gedung pemerintah dikibarkan setengah tiang.

"Hari Hitam [Black Day]" diperingati di tengah-tengah frustrasi di Islamabad akan ketiadaan tanggapan internasional atas pertikaian soal Kashmir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement