Advertisement

Donald Trump Minta China Perlakukan Hong Kong secara Manusiawi

John Andhi Oktaveri
Kamis, 15 Agustus 2019 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Donald Trump Minta China Perlakukan Hong Kong secara Manusiawi Presiden China Xi Jinping, Ibu Negara China Peng Liyuan, Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menghadiri makan malam kenegaraan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Cina, 9 November 2017. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com JAKARTA – Jika  China ingin membuat kesepakatan perdagangan harus memperlakukan warga Hong Kong "secara manusiawi" terlebih dahulu. hal tersebut disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. 

Pernyataan Trump tersebut secara eksplisit mengikat perjanjian perdagangan dengan resolusi damai atas aksi protes pro-demokrasi di Hong Kong.

Advertisement

“Tentu saja China ingin membuat kesepakatan. Biarkan mereka bekerja secara manusiawi dengan Hong Kong terlebih dahulu! ”kata Trump di Twitter seperti dikutip Reuters, Kamis (15/8/2019).

“Saya tidak memiliki keraguan bahwa jika Presiden Xi (Jinping) ingin dengan cepat dan manusiawi menyelesaikan masalah Hong Kong, dia dapat melakukannya. Pertemuan pribadi?," ujar Trump.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan sebelumnya bahwa Amerika Serikat "sangat prihatin" tentang gerakan paramiliter China di sepanjang perbatasan Hong Kong.

Ekspresi kekhawatiran Departemen Luar Negeri AS muncul setelah anggota parlemen senior dari partai Demokrat dan Republik meminta Trump untuk mengambil garis yang lebih keras dengan China. Pasalnya, ada kekhawatiran atas kemungkinan intervensi China di Hong Kong.

Trump, yang terus mengupayakan kesepakatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan dengan China, menghadapi kritik dari Kongres dan di tempat lain karena tidak mengambil kebijakan publik yang tegas di Hong Kong.

Kongres berharap Trump menegaskan bahwa "kerusuhan" di Hong Kong merupakan masalah bagi China untuk berurusan dengan AS.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement