Advertisement

Jika Terbukti Radikal, Taruna TNI Keturunan Prancis Akan Diberhentikan

Newswire
Kamis, 08 Agustus 2019 - 05:27 WIB
Nina Atmasari
Jika Terbukti Radikal, Taruna TNI Keturunan Prancis Akan Diberhentikan Enzo Zenz Allie, Taruna AKmil keturunan Prancis. - Ist/ Twitter @GuritnaPranama

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Anggota taruna TNI yang terbukti terpengaruh radikalisme akan diberhentikan. Hal itu ditegaskan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Kalau benar, saya suruh berhentiin, nggak ada urusan," kata Ryamizard di halaman Istana Negara, Jakarta pada Rabu (7/8/2019) terkait indikasi taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie yang diduga pernah mendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Advertisement

Menurut Menhan, pihaknya tidak akan ragu memecat anggota TNI yang diketahui mendukung gerakan radikal tidak mendukung Pancasila.

Untuk mencegah disusupinya TNI oleh pendukung gerakan radikal, Ryamizard menilai perlunya Penelitian Khusus (Litsus) terkait latar belakang anggota taruna.

"Harus dilitsus, terutama litsusnya adalah masalah Pancasila. Pancasila apa tidak, tentara itu menjalankan Pancasila," tegas Menhan.

Taruna Akmil keturunan Indo-Prancis, Enzo, sempat menarik perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan videonya viral di media sosial setelah diajak berbicara bahasa Prancis oleh Panglima.

Enzo diketahui memang fasih berbicara empat bahasa yaitu bahasa Prancis, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Indonesia.

Dia lahir di Prancis, tapi pindah ke Indonesia pada usia 13 tahun setelah ayahnya meninggal dunia dan memiliki status WNI.

Namun, dia diduga terpapar gerakan HTI yang diketahui dari salinan gambar media sosial Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement