Advertisement

BPN Ungkap Kelemahan Jokowi dalam Debat Keempat

Jaffry Prabu Prakoso
Sabtu, 30 Maret 2019 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
BPN Ungkap Kelemahan Jokowi dalam Debat Keempat Kiri-Kanan : Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sudirman Said, Cawapres Sandiaga Uno, dan Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Jumat (29/3/2019) - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Debat keempat calon presiden akan digelar pada 30 Maret. Debat ini akan membahas tema ideologi, pertahanan, keamanan, pemerintahan, dan hubungan internasional. Salah satu kelemahan pemerintahan Joko Widodo adalah tidak menghadirkan  kepemimpinan yang efektif.

Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said mengatakan bahwa Jokowi tidak bisa mengendalikan keadaan, terutama dari sisi pemerintahan yang bersih.

Advertisement

“Pemerintahan itu gagal karena lebih dari 100 kepala daerah tertangkap KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] dan satu persatu orang di lingkaran beliau Novanto, ketua umum partai [terjerat korupsi],” katanya di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Sudirman menjelaskan bahwa dalam hubungan internasional Indonesia tidak berperan aktif. Ini terlihat Jokowi yang tidak pernah menghadiri sidang di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Kemudian banyak forum-forum Internasional yang ditinggal. Kemudian kepimpinan di Asean kita menurun padahal sembilan negara Asean itu berharap Indonesia menjadi semacam ketua kelas,” jelasnya.

Dari sisi pertahanan, mantan Menteri ESDM ini menyoroti betapa terbatasnya kemampuan alutsista dan logistik. Ini menjadi salah satu perhatian serius calon presidennya, Prabowo Subianto.

Meski banyak memiliki kekurangan, Sudirman memastikan Prabowo tidak akan tampil menyerang apalagi personal Jokowi.

“Prabowo merasa yakin sekali debat itu bukan menjatuhkan lawan. Debat itu memberikan penjelasan kepada publik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement