Advertisement

BNN Tes Urine di Bandara Adisutjipto, Satu Pilot Dinyatakan Positif

Sunartono
Selasa, 05 Agustus 2014 - 20:21 WIB
Nina Atmasari
BNN Tes Urine di Bandara Adisutjipto, Satu Pilot Dinyatakan Positif Harian Jogja/ Gigih M. HanafiPetugas dari tim Dokter kesehatan (dokkes) Polda DIY melakukan pemeriksaan urine untuk pilot dan kopilot di Bandara Adisucipto, Sleman, Senin (27 - 8). Tes urine yang merupakan rangkaian kegiatan operasi Ketupat 2012 bertujuan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkotika jenis shabu/shabu dan ekstasi di kalangan pilot dan co pilot sehingga keselamatan penerbangan bisa terjamin.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) DIY menggelar tes urine bagi puluhan pilot pesawat komersial di Bandara Internasional, Adisutjipto, Selasa (5/8/2014) pagi. Satu pilot dinyatakan positif mengonsumsi benzo.

Kasi Intel, Bidang Pemberantasan, BNNP DIY, Siti Alfiah menjelaskan tes urine bagi pilot dilaksanakan tidak saja di luar pesawat, tetapi juga di dalam pesawat terutama bagi pilot yang tidak sempat turun dari pesawat.

Advertisement

Tes itu dilakukan untuk menyelamatkan penumpang. Jika ditemukan adanya pilot yang mengonsumsi narkoba maka direkomendasikan untuk istirahat dan tidak melanjutkan perjalanan.

"Karena dampaknya besar, kalau sampai pilot mengonsumsi narkoba, tentu dia tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik," terangnya, Selasa (5/8/2014).

Ia menambahkan dari hasil pemeriksaan tes urine pada 27 pilot. Sebanyak 26 orang dinyatakan negatif dan satu di antara mereka, yakni co-pilot dinyatakan positif karena mengonsumsi benzo melalui resep dokter. Selanjutnya co-pilot itu disarankan untuk istirahat dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalur Alternatif ke Gunungkidul Dibuka saat Nataru, Tanpa Lewat Tanjakan Piyungan-Patuk

Jogja
| Senin, 04 Desember 2023, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement