Menkominfo: Youtube-Google Paling Bandel

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
05 April 2018 22:05 WIB Dhiany Nadya Utami News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara menyebut tiga dari sembilan platform layanan yang penggunanya berada di peringkat atas di Indonesia, kurang kooperatif bekerja sama dengan pemerintah alias masih bandel. Ketiganya yakni Facebook dan Instagram, Youtube dan Google, serta Telegram.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara mengatakan ketiga penyedia layanan tersebut belum sepenuhnya memenuhi permintaan pemerintah terkait penangguhan dan penonaktifkan akun-akun dan konten yang bermasalah pada platform mereka.
“Bukan hanya menyebut nakal ya, tapi ini berdasarkan statistik. Berapa persen mereka memenuhi permintaan pemerintah,” ujarnya di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Rudiantara mengatakan, selama 2017 Facebook dan Instagram menerima 1.307 permintaan dari pemerintah dan baru memenuhi 778 di antaranya. Kemudian Youtube dan Google menerima 446 permintaan dan memenuhi 260. Adapun, Telegram menerima 174 permintaan dan memenuhi 110.

Atas data tersebut, Youtube dan Google menjadi layanan over the top (OTT) yang paling buruk performanya dalam penilaian Kominfo yakni dengan tingkat kegagalan pemenuhan permintaan sebesar 42%, diikuti Facebook dan Instagram 40%, dan Telegram 37%.

Lebih lanjut Rudiantara mengimbau para penyedia layanan OTT tersebut agar memenuhi peraturan dan kebijakan yang ditentukan pemerintah.

Sumber : Bisnis Indonesia