Advertisement

KPK Periksa 4 Pejabat di Lingkungan Pemkot Semarang

Newswire
Sabtu, 21 September 2024 - 23:27 WIB
Abdul Hamied Razak
KPK Periksa 4 Pejabat di Lingkungan Pemkot Semarang Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto.ist - kpk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Empat orang pejabat Pemerintah Kota Semarang diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu (21/9/2024).

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika menjelaskan pemeriksaan dilakukan untuk mendalami soal pengaturan lelang terkait perkara dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Advertisement

"Saksi hadir semua. Penyidik mendalami perintah pengaturan pemenang lelang oleh para tersangka," kata Tessa saat dikonfirmasi, Sabtu.

BACA JUGA: Usai Tes Wawancara 40 Peserta Capim dan Dewas KPK, Ini Tahapan yang akan Dilakukan Pansel

Berdasarkan informasi yang dihimpun para saksi yang dipanggil penyidik KPK adalah Kepala Bidang Permukiman Disperkim Kota Semarang Irawan Ilham Prajamukti, Sub-Koordinator Layanan Pengadaan Secara Elektronik BPBJ Kota Semarang Sidik Sumarsono, Sub Koordinator Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa BPBJ Kota Semarang Rama Sandi, dan eks Kepala Bagian BPBJ Kota Semarang Junaedi.

Namun, pihak KPK belum mengungkap soal proyek apa yang mengalami pengaturan lelang oleh para tersangka dalam kasus tersebut.

Pada Rabu, 17 Juli 2024, KPK telah mengumumkan dimulainya penyidikan dugaan korupsi pengadaan barang atau jasa di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Penyidik KPK juga telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam perkara tersebut. Namun, belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai identitas para pihak tersebut.

Sesuai dengan kebijakan KPK, identitas beserta konstruksi perkara tidak pidana korupsi tersebut akan disampaikan setelah penyidikan telah rampung.

Penyidik KPK kemudian langsung melakukan penggeledahan di sejumlah kantor instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Semarang.

Penggeledahan dilakukan penyidik KPK di sejumlah kantor OPD Pemkot Semarang, baik yang berada di kompleks Balai Kota maupun Gedung Pandanaran.

Tidak hanya menggeledah, penyidik KPK juga turut meminta keterangan sejumlah pimpinan OPD Pemkot Semarang..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Solo-Jogja Minggu 22 September 2024, Berangkat dari Palur Lewat Jebres, Stasiun Balapan, Purwosari

Jogja
| Minggu, 22 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement