Advertisement

Lintasan Bandara di IKN Ditargetkan Rampung Bulan Depan

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Lintasan Bandara di IKN Ditargetkan Rampung Bulan Depan Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Konstruksi lintasan atau runway Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan rampung pada bulan depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bila tak lagi terkendala masalah cuaca konstruksi runway bandara IKN sepanjang 2.200 meter akan selesai pada 2 September 2024.

Advertisement

“Kalau 2.200 target hitungannya kalau tidak ada hujan itu 2.200 meternya tanggal 2 September runway nya selesai,” tuturnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (23/8/2024).

Dia menuturkan, pada minggu lalu progres konstruksi lintasan bandara IKN telah mencapai 1.100 meter. Karenanya, pihaknya optimis target 2.200 meter runway terbangun pada bulan depan dapat terealisasi.

Pada saat yang sama, Basuki menuturkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mulai berkantor ke IKN seiring dengan rampungnya bandara di IKN.

BACA JUGA: Dukung Program Susu Gratis, Kementerian Pertanian Siapkan 1,5 Juta Hektare Peternakan Sapi Perah

Mempersiapkan hal itu, Basuki memastikan bakal segera memasang sarana penunjang bandara IKN agar bisa langsung digunakan secara fungsional pada kunjungan Jokowi ke IKN selanjutnya.

“Tanggal 2 September runway-nya selesai, nanti dua hari memasang lampu-lampu semua. Sehingga, bisa dimanfaatkan pada minggu pertama,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan menargetkan bandara IKN akan rampung sepenuhnya pada Desember 2024.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan, bandara IKN diharapkan selesai pada Desember 2024, baik landas pacu maupun terminal bandaranya.

"Untuk bandara diharapkan pada akhir Desember 2024 sudah selesai, baik landas pacu maupun terminal bandaranya," kata Adita kepada Bisnis.com jaringan Harianjogja.com, Senin (19/8/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri ke Stasiun Yogyakarta dan Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 13 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement