Advertisement

Mau Liburan di Turki? Begini Tipsnya agar Liburan Anda Berkesan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 12 September 2024 - 06:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Mau Liburan di Turki? Begini Tipsnya agar Liburan Anda Berkesan Suasana di Kota Istanbul, Turki.ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Turki menawarkan destinasi yang penuh warna dan pengalaman perjalanan yang sempurna. Beragam fasilitas nya semakin menambah daya tarik dari berbagai objek wisatanya yang beragam, namun beberapa “Tips Perjalanan” dapat membuat pengalaman ini menjadi lebih baik.

Berikut adalah penawaran yang ada di Turki dan tips perjalanan penting yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi negara ini agar perjalanan Anda menjadi petualangan yang menyenangkan tanpa kendala.

Advertisement

Dapat Tiket Masuk Museum

Cara terbaik untuk menjelajahi kekayaan sejarah dan budaya Turki adalah dengan mengunjungi museum – museum luar biasa yang ada di negara ini. Dengan Museum Pass, sebuah kartu yang hemat biaya dan memberikan akses ke lebih dari 350 museum dan situs arkeologi di seluruh negeri, Anda dapat dengan mudah mendalami sejarah bangsa tanpa harus membeli tiket individu di setiap lokasi dan mengantre.

Tersedia dalam berbagai jenis sesuai dengan wilayah, harga dan masa berlakunya, setiap Museum Pass diaktifkan pada saat pertama kali Anda masuk ke museum atau situs bersejarah. Kartu ini dapat dibeli secara online atau di loket tiket di area museum dan hanya dapat digunakan satu kali di setiap museum.

Bepergian dengan Kereta Api

Banyak layanan penyewaan mobil global dan lokal yang tersedia di Turki, menawarkan fleksibilitas bagi mereka yang ingin menjelajahi dengan ritme mereka sendiri. Namun, menjelajahi negara ini dengan kereta api adalah pengalaman yang paling unik dan menyenangkan.

Jaringan kereta api Turki, yang mencakup semua wilayah dengan kereta cepat dan rute nostalgia, menjanjikan perjalanan yang kaya akan pemandangan alam, sejarah dan budaya. Terutama tur kereta api nostalgia seperti Eastern Express yang ikonik, Mesopotamian Express terbaru, dan Diyarbakır Express yang indah, yang diakui oleh majalah Time sebagai salah satu “World’s Greatest Places of 2024,” mengubah perjalanan Anda menjadi petualangan yang memukau, dimana perjalanan itu sendiri sama mengesankannya dengan tujuan akhirnya.

Belanja Cerdas

Anda dapat merasakan pengalaman berbelanja tradisional dengan mengunjungi pasar bersejarah, seperti İstanbul’s Grand Bazaar dan Spice Bazaar atau menjelajahi suasana belanja yang lebih modern di mal – mal seluruh negeri. Selain itu, pembelian Anda bisa bebas pajak di Turki.

Anda dapat mendapatkan pengembalian pajak untuk pembelian lebih dari 108 TL untuk produk dengan tarif pajak 8% dan untuk pembelian lebih dari 118 TL untuk produk dengan tarif pajak 18%. Untuk informasi lebih lanjut tentang pengembalian pajak, kunjungi situs web GoTürkiye.

Manfaatkan Transportasi Umum

Layanan transportasi modern adalah salah satu kemudahan utama yang disediakan Turki. Sangat mudah untuk mencapai bandara di negara ini melalui penerbangan langsung dari seluruh dunia. Setelah Anda tiba, taksi atau layanan bus antar – jemput yang tersedia di semua bandara di negara ini akan memudahkan akses ke kota – kota di Turki.

Transportasi umum juga menjadi sorotan di Turki, menawarkan berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung. Sistem metro (kereta bawah tanah) yang luas di kota – kota besar, bersama dengan jaringan bus, trem, feri dan kereta api yang handal, membuat navigasi di area perkotaan menjadi mudah.

Anda hanya perlu membeli kartu perjalanan yang berlaku untuk hampir semua kendaraan untuk menggunakan transportasi umum. Kemudian, dengan aplikasi peta di ponsel Anda, Anda dapat mengetahui pemberhentian mana yang harus Anda turun dari bus, trem atau metro tergantung pada tujuan.

Makan Seperti Penduduk Lokal

Dimanapun Anda berada di Turki, kuliner Turki menawarkan banyak pilihan di setiap wilayah, mulai dari hidangan lokal hingga jajanan kaki lima. Selain hidangan klasik seperti kebab dan döner yang terkenal di seluruh dunia, Anda juga harus menjelajahi masakan daerah.

Dengan mencicipi hidangan yang unik di setiap wilayah, Anda akan benar – benar merasakan tradisi kuliner Turki. Pertama, Anda harus mencoba sarapan khas Turki yang berbeda dari yang lain. Sarapan Turki adalah hidangan yang menggugah selera, biasanya terdiri dari roti segar, keju, zaitun, tomat, mentimun, telur, madu dan selai yang disertai dengan teh Turki yang khas. .

Kemudian, Anda dapat mencoba makanan lokal terbaik di “esnaf lokantası” (kedai makan lokal), di mana Anda dapat memilih dari menu prasmanan dan membayar harga tetap per piring. “Lokantas” dan restoran lainnya biasanya buka hingga larut malam di seluruh negeri.

Nikmati Keramahan Hangat

Salah satu ciri khas budaya Turki adalah keramahan yang hangat. Orang Turki akan menyambut Anda dengan ramah. Jika Anda membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka. Bukan hal yang aneh bagi penduduk setempat untuk bersusah payah membantu wisatawan, baik dengan memberikan arahan atau membantu dengan pilihan transportasi.

Saat berbincang santai dengan Anda, mereka mungkin akan menawarkan secangkir teh. Anda juga dapat menemukan banyak orang yang berbicara Bahasa Inggris, terutama di tempat – tempat wisata, karena itu adalah bahasa asing yang paling banyak digunakan di negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Jadwal SIM Keliling Bantul Bulan September 2024

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement