Advertisement

PKS Usung Anies-Shohibul di Pilkada Jakarta, Begini Respons PKB

Newswire
Jum'at, 28 Juni 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
PKS Usung Anies-Shohibul di Pilkada Jakarta, Begini Respons PKB Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

"Kita hargai sikap PKS yang sudah mengunci tetapi yang diperlukan oleh Jakarta adalah kepemimpinan yang plural, kepemimpinan yang mempersatukan, kepemimpinan yang beragam, selama ini Pak Anies sudah identik dengan PKS," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat usai menghadiri agenda pertemuan pembahasan rangkaian agenda HUT Ke-79 RI dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Advertisement

Ia menyatakan PKB tidak ingin terburu-buru dalam mengambil sikap terkait Pilkada Jakarta. Menurut dia, diperlukan pertimbangan yang matang seperti melihat terlebih dahulu dinamika yang ada di Jakarta maupun politik nasional.

"Justru itu kita proses dengan melihat dinamika yang ada di DKI ataupun dinamika politik nasional karena Pilkada DKI pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional," ujar Jazilul.

BACA JUGA: Duet Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta, PDIP: Masih Bisa Dinego

Kendati demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika memang nantinya PKB juga mengusung pasangan Anies-Sohibul. Menurutnya, segala kemungkinan di dunia politik masih bisa terjadi.

"Yang namanya kemungkinan serba terbuka di politik, tetapi yang jelas PKB berharap semua dibahas bersama-sama. Kita tidak mem-bypass satu dengan yang lain. Kita berharap koalisi lebih besar karena PKB dengan PKS masih kecil," ucap Jazilul.

Diketahui, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS memutuskan mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman pada Pilkada Jakarta 2024.

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa (25/6).

Ia mengatakan struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

Ia menyebut nama-nama yang ada kemudian dibahas dalam Rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) dengan mempertimbangkan calon yang memiliki rekam jejak pengalaman kepemimpinan di eksekutif maupun legislatif, memiliki kredibilitas dan kapasitas, serta peluang menangnya besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Bandara YIA Kulonprogo Senin 1 Juli 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Senin, 01 Juli 2024, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement