Advertisement

Batal Jadi Lawan Sengit Khofifah di Pilgub Jatim, Risma Justru Disiapkan PDIP untuk Pilkada DKI

Newswire
Minggu, 30 Juni 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Batal Jadi Lawan Sengit Khofifah di Pilgub Jatim, Risma Justru Disiapkan PDIP untuk Pilkada DKI Tri Rismaharini - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hingga kini PDI Perjuangan belum juga memutuskan penugasan kadernya, Tri Rismaharini dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Setidaknya hingga akhir Juni 2024, mantan Wali Kota Surabaya yang diyakini berpotensi untuk menjadi lawan kuat Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jatim 2024 itu belum juga mendapatkan rekomendasi dari Partai Banteng dan juga partai calon mitra koalisi, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Advertisement

Bahkan, nama Menteri Sosial itu justru masuk dalam radar PDIP untuk Pilgub Jakarta 2024. Risma bersama lima kader PDIP lainnya, yakni Djarot Saiful Hidayat, Prasetyo Edi Marsudi, Basuki Tjahaja Purnama, Charles Honoris, dan Andika Perkasa dipersiapkan PDIP untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Juru Bicara PDIP, Chico Hakim menjelaskan keenam nama yang sudah masuk ke DPW PDIP DKI Jakarta tersebut nantinya bakal dikerucutkan ke satu atau dua bakal calon. "Nanti nama-nama itu akan dikerucutkan lagi ya. Kami fokus akan mengusung dari kader internal kami," ujar dia, Kamis (27/6/2024).

Setali tiga uang, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan hingga kini belum ada pembahasan soal nama Tri Rismaharini untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2024.  "Tidak ada itu dibahas soal Bu Risma," kata Jazilul di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024) seusai menghadiri agenda pertemuan pembahasan rangkaian agenda HUT Ke-79 RI dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Jazilul mengatakan bahwa hingga saat ini bakal cawagub pada Pilkada Jatim 2024 yang diusung PKB belum mengerucut. "Belum, dinamika di Jawa Timur masih belum mengerucut," ujar Jazilul.

Sebelumnya, nama Risma santer diisukan akan bergandengan dengan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH. Marzuki Mustamar pada Pilkada Jatim 2024.

BACA JUGA: Mantan Bupati sampai Ketua DPRD Dapat Jatah Pertama Coklit Pilkada Kulonprogo

Wasekjen PKB yang ditunjuk mengurus Desk Pilkada Serentak 2024 Syaiful Huda sebelumnya mengungkapkan tentang rencana duet Marzuki Mustamar-Risma menarik untuk diusung pada Pilkada Jatim 2024.

Huda mengaku DPW PKB Jatim telah berkomunikasi dengan PDIP mengenai duet Marzuki-Risma tersebut. Menurut dia, PDIP sebenarnya ingin kadernya menjadi Wakil Gubernur Jatim berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa.

Namun, seiring berjalannya waktu, Khofifah terlihat semakin mantap kembali berpasangan dengan Emil Dardak pada Pilkada Jatim 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

1.676 Calon Siswa SMP di Kota Jogja Akan Diterima Lewat Jalur Zonasi Daerah

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement