Advertisement

Tak Cuma di DKI Jakarta, Andika Perkasa Juga Disiapkan PDIP untuk Pilkada Jateng

Newswire
Minggu, 30 Juni 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma di DKI Jakarta, Andika Perkasa Juga Disiapkan PDIP untuk Pilkada Jateng Jenderal Andika Perkasa. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mantan Panglima TNI sekaligus kader PDIP Andika Perkasa masuk bursa calon gubernur dalam kontestasi Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hal itu diutarakan oleh Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Hasto menjelaskan, nama Andika memang cenderung laris manis di kalangan pengurus daerah PDIP. Menurutnya, Andika diusulkan oleh pengurus daerah maju di Pilkada Jakarta sekaligus Jateng. "Jawa Tengah juga sama. Pak Andika misalnya, selain diusulkan di Jakarta, itu juga ada yang mengusulkan di Jawa Tengah," kata Hasto dalam keterangan pers PDIP, Minggu (30/6/2024).

Advertisement

Selain Andika, lanjutnya, PDIP juga mempertimbangkan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, merupakan kader PDIP yang sekarang juga menjabat sebagai kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Meski demikian, Hasto menegaskan pihaknya masih terus melihat dinamika politik ke depan.

BACA JUGA: Punya Kekayaan Rp179 Miliar, Jenderal Andika Perkasa: Sebagian Besar Dari Istri Saya

Sejumlah elite PDIP sudah ditugaskan untuk terus merumuskan peta politik di provinsi yang dikenal sebagai “Kandang Banteng” tersebut. "Mbak Puan sedang melakukan suatu kajian-kajian berdasarkan survei pemetaan di internal partai bersama dengan Mas Bambang Wuryanto dan Pak Utut," ujar Hasto.

Sebagai informasi, sejak Era Reformasi, warga Jateng selalu memilih gubernur yang berasal dari PDIP. Pada Pilkada 1998 dan 2003 misalnya, kader PDIP Mardiyanto terpilih menjadi gubernur Jateng.

Pada Pilkada 2008, kader PDIP Bibit Waluyo yang dipilih warga untuk menjadi orang nomor satu di Jateng. Pada Pilkada 2013 dan 2018, giliran kader PDIP lain Ganjar Pranowo yang dipilih warga menjadi gubernur Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

1.676 Calon Siswa SMP di Kota Jogja Akan Diterima Lewat Jalur Zonasi Daerah

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement