Advertisement

Survei LSI: Basis Pemilih PDIP Dukung Kaesang Pangarep Jadi Gubernur Jateng

Surya Dua Artha Simanjuntak
Minggu, 30 Juni 2024 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Survei LSI: Basis Pemilih PDIP Dukung Kaesang Pangarep Jadi Gubernur Jateng Kaesang Pangarep / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terbarunya terkait calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) pada Pilkada 2024. Hasilnya, basis pemilih PDI Perjuangan (PDIP) cenderung memilih putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk menjadi cagub Jateng 2024.

Survei LSI ini memilah pilihan kandidat gubernur warga Jateng berdasarkan pilihan partai politik mereka. Hasilnya, dalam simulasi enam nama, pemilih PDIP paling banyak memilih Kaesang (23,3%) untuk menjadi cagub Jateng 2024.

Advertisement

Di posisi kedua, pemilih PDIP memilih Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi. Anehnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul hanya berada di posisi ketiga (19,6%).

BACA JUGA: Risma hingga Pramono Anung Disapkan PDIP untuk Maju Pilkada Jawa Timur

"PDIP pemilihnya terbelah antara Kaesang Pangarep, Ahmad Luthfi, dan Bambang Wuryanto," jelas Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan ketika memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (30/6/2024).

Memang, dalam simulasi semi terbuka 21 nama kandidat gubernur Jateng 2024, Kaesang (15,9%) menjadi pilihan utama. Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi (12,9%) mengikuti di peringkat kedua. Lalu kader Gerindra Abdul Wachid (7,8%) ada di peringkat ketiga.

Setelahnya mengikuti masing-masing pesohor Raffi Ahmad (6,8%), politisi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten Prabowo Sudaryono (4,7%), hingga politisi PDIP Hendrar Prihadi (4,7%). Sementara nama lainnya hanya memperoleh 4% ke bawah.

Djayadi menyimpulkan, belum ada kandidat yang mempunyai elektabilitas alias tingkat keterpilihan yang signifikan. Menurutnya, para kandidat masih punya peluang besar. β€œIni menunjukkan bahwa pertarungan tampaknya masih sangat terbuka, masih belum ada yang disimpulkan unggul apalagi disebut dominan,” jelas Djayadi.

Belum lagi, lanjutnya, 19,5% warga Jateng masih belum menentukan pilihan. Oleh sebab itu, belum banyak yang bisa disimpulkan dari hasil simulasi semi terbuka 21 nama kandidat cagub Jateng 2024 tersebut.

Sementara itu, dalam simulasi enam hingga dua nama, Djayadi mengungkapkan ada empat kandidat yang selalu menunjukkan elektabilitas yang tinggi. "Empat nama yang bisa bertarung paling kuat yaitu Ahmad Luthfi, Bambang Wuryanto, Taj Yasin Maimoen, dan Kaesang Pangarep," ungkapnya.

Survei LSI ini diselenggarakan pada 21–26 Juni 2024 dengan 1.200 responden yang di Jateng. Wawancara responden secara langsung dan dipilih menggunakan teknik metode double sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Disbud Jogja Dorong Plang Nama Jalan di Jogja Semua Dilengkapi Aksara Jawa

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement