Advertisement

28 WNA Terdampar di Pantai Sukabumi, Polisi: Tak Ada Satupun Punya Paspor

Newswire
Minggu, 30 Juni 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
28 WNA Terdampar di Pantai Sukabumi, Polisi: Tak Ada Satupun Punya Paspor Puluhan WNA yang diamankan petugas gabungan dari unsur TNI dan Polri saat sedang didata di Mapolsek Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jabar. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SUKABUMI—Sebanyak 28 warga negara asing (WNA) terdampar di Pantai Keusikurug, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (29/6/2024). Dari hasil pendataan Polres Sukabumi, semua WNA yang terdampar itu ternyata tidak memiliki paspor.

"Personel kami meminta kepada seluruh WNA tersebut untuk menunjukkan kelengkapan administrasi keimigrasian seperti paspor, tetapi tidak ada satupun dari mereka yang bisa menunjukkan paspor maupun kelengkapan keimigrasian lainnya," kata Kasi Humas Polres Sukabumi, Iptu Aah Saepulrohman di Sukabumi, Minggu (30/6/2024).

Advertisement

Aah menjelaskan dari 28 WNA yang diamankan petugas gabungan dari unsur Polri dan TNI tersebut 23 orang berkebangsaan Bangladesh, empat orang berasal dari China yang awalnya disinyalir asal Thailand dan satu orang dari India.

Ke-28 WNA berkebangsaan Bangladesh, masing-masing bernama Mohammad Maruf Hasan, 26; MD Sayful Islam, 36; MD Mustafijur Rohoman, 28; Rahim Miahm, 29; Sazu, 29; Tusar Imran, 26; Tuhhun Hasen, 26; Kabin, 31; Ramgan, 27; Jahirul Islam, 26; dan Robel Sahkan, 37.

Kemudian, Monu Sankan, 38; Jul Haque, 36; Faruk, 37; Nazir Hassen, 38; Milion Hasen, 30; MD Mokhasah Rahman, 31; Arafat Hossaen, 34; Raju Ahmed, 41; Abu Musa, 44; Kalu, 38; Sohel, 29; dan Imhar Rari, 26.

Selanjutnya, nama-nama WNA dari China, masing-masing Guo Tim Xian, 53; Yu Li Bo, 30; Lin Wen Le, 39; dan Wu Xiao Le, 41. Sementara satu WNA India diketahui bernama Rubek Gazi, 25.

Selain mengamankan puluhan WNA, petugas gabungan juga mengamankan WNI yang bernama Dahlan asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan M Agus asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang merupakan tekong atau juru mudi kapal.

BACA JUGA: Dua Imigran Ilegal Hendak ke Qatar Digagalkan di YIA

Saat ini, kata Aah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi untuk penanganan lebih lanjut. Diduga puluhan WNA itu merupakan imigran gelap, tetapi untuk negara yang menjadi tujuan mereka belum diketahui.

Sebelumnya, petugas gabungan mengamankan 28 WNA dan dua WNI di Pantai Keusikurug, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu.

Mereka tiba di perairan laut selatan Kabupaten Sukabumi karena kapal motor yang ditumpanginya mengalami masalah sehingga terpaksa harus bersandar di wilayah pantai Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

1.676 Calon Siswa SMP di Kota Jogja Akan Diterima Lewat Jalur Zonasi Daerah

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement