Advertisement

Kementerian PUPR Targetkan Perbaikan Permanen Jalan Tol Bocimi yang Longsor Selesai Akhir Tahun Ini

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 07 Juni 2024 - 11:37 WIB
Ujang Hasanudin
Kementerian PUPR Targetkan Perbaikan Permanen Jalan Tol Bocimi yang Longsor Selesai Akhir Tahun Ini Petugas memeriksa kondisi jalan tol yang amblas di ruas tol Bocimi KM 64, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). Jalan tol Bocimi KM 64 yang amblas pada Rabu (3/4 - 2024) malam tersebut mengakibatkan satu mobil dan dua orang terperosok dan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Sukabumi dialihkan ke pintu keluar tol Cigombong. / Antara / Henry Purba

Advertisement

Harianogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan konstruksi penanganan permanen Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) selesai akhir tahun ini.

Mengutip informasi yang dibagikan Direktorat Jenderal Bina Marga dalam akun Instagram resminya, perbaikan permanen Tol Bocimi ditargetkan rampung sebelum momentum libur Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Advertisement

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan permanen jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi [Bocimi] selesai akhir tahun 2024 yakni sebelum libur Nataru," tulis Bina Marga, dikutip Jumat (7/6/2024).

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Bocimi KM 62 arah Sukabumi sempat mengalami longsor yang cukup dalam pada April 2024. Insiden tersebut hingga berdampak pada lajur 1 mainroad Tol Bocimi.

BACA JUGA: Tol Bocimi Longsor, Satu Mobil Dilaporkan Masuk ke Jurang

Merampungkan hal itu, terdapat dua alternatif penanganan permanen pada Jalan Tol Bocimi yang terkena longsor. Pertama, yakni melakukan pemasangan soldier pile sepanjang 60 meter dengan waktu pemasangan 4 bulan.

Kedua, melakukan pembuatan jembatan berukuran 2x25 meter dengan waktu pelaksanaan selama 5 bulan.

Dengan demikian, penanganan permanen Tol Bocimi pasca-longsor dipastikan dapat dikebut rampung bulan ini.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Robert Rouw menjelaskan bahwa perbaikan permanen Tol Bocimi butuh segera untuk dituntaskan. Pasalnya, Tol Bocimi menjadi salah satu Jalan Tol yang memiliki nilai fungsi tinggi bagi guna mengurai kemacetan di Jalan Nasional.

"Kami tahu betul tol ini sangat diharapkan oleh masyarakat karena memang banyak kemacetan di jalan nasional menuju Sukabumi jadi tol ini sangat bermanfaat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Calon Siswa PPDB Afirmasi Disabilitas yang Tak Lolos Bakal Didistribusikan ke SMP Swasta

Jogja
| Sabtu, 29 Juni 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement