Advertisement

Survei LSI: Prabowo Unggul 11,3% dari Ganjar secara Head to Head

Surya Dua Artha Simanjuntak
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Survei LSI: Prabowo Unggul 11,3% dari Ganjar secara Head to Head Ganjar Pranowo dan Pabowo Subianto - ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto unggul cukup jauh dari Ganjar Pranowo. Survei itu merupakan simulasi head to head atau satu lawan satu pemilihan presiden.

Dalam simulasi itu, responden ditanya siapa yang akan dipilih apabila pemilihan presiden diikuti oleh Prabowo dan Ganjar.

Advertisement

Hasilnya, Prabowo mendapat 45,7% suara sementara Ganjar 34,4% suara. Artinya Prabowo unggul hingga 11,3% dari Ganjar. 

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, selisih 11,3% ini merupakan cukup signifikan dibanding survei LSI Agustus lalu, yang mana Prabowo ungguli Ganjar hanya di kisaran 5%.

Dia menerangkan, ada pola perpindahan dari tiga nama kandidat menjadi dua kandidat capres, terutama apabila memasuki putaran dua. “Kalau yang bertarung Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo yaitu lebih banyak basis Ganjar pindah ke Prabowo 51,5 persen sementara yang pindah ke Anies 14,2 persen. Belum menentukan pilihan 34,4 persen,” jelas Djayadi dalam keterangannya, Jumat (6/10/2023).

BACA JUGA: Hasil Survei: Perilaku Pemilih Kaum Muda Idealis

Sementara itu, dalam head to head antara Prabowo melawan Anies Baswedan semakin tampak selisihnya. Prabowo mendapat 50,2% suara sementara Anies hanya 26%. Prabowo unggul 24,2% dari Anies.

Sedangkan jika head to head Ganjar melawan Anies maka si mantan gubernur Jawa Tengah mendapatkan 47,6 persen suara sementara si mantan gubernur DKI Jakarta memperoleh 33,1% suara. Ganjar unggul 14,4% dari Anies.

Lebih lanjut, dalam simulasi tiga nama tertutup, Prabowo yang ada di peringkat teratas (34%), diikuti Ganjar (30,4%), dan Anies (22%). Sementara, ada 13,6% responden yang tidak tahu atau tak jawab.

Survei LSI ini diselenggarakan pada 18–20 September 2023 dengan jumlah 1206 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Wawancara responden lewat telepon dan dipilih menggunakan teknik random digit dialing, dengan margin of error kurang lebih 2,9%.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kajian Ahad Pagi bersama Freshnel dan Jalan Sehat Menuju Arafah: Menggali Keutamaan Bulan Dzulhijah

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 15:42 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement