Advertisement

Adidas Diperkirakan Rugi Rp11,3 Triliun Usai Putus Kontrak dengan Kanye West

Widya Islamiati
Senin, 13 Februari 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Adidas Diperkirakan Rugi Rp11,3 Triliun Usai Putus Kontrak dengan Kanye West Sepatu prototipe Nike Air Yeezy 1 milik penyanyi Kanye West. - Sotheby's.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Produsen sepatu raksasa dunia Adidas diproyeksikan akan menelan kerugian hingga 700 juta euro atau setara dengan Rp11,3 triliun (kurs Rp16.247) tahun ini. 

Kerugian ini merupakan buntut dari langkah perusahaan multinasional yang berbasis di Herzogenaurach, Bavaria, Jerman ini yang menyudahi kerja samanya dengan Kanye West pada Oktober 2022 lalu.

Advertisement

Hingga saat ini, manajemen Adidas mengatakan masih belum memutuskan apakah akan membuang sisa stok sepatu Yeezy dan merelakan potensi keuntungan senilai 443 juta atau setara dengan Rp7,19 triliun.

BACA JUGA : 2.500 Pekerja Pabrik Sepatu Adidas Di-PHK Bertahap

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Eksekutif Adidas Bjørn Gulden. Meenurutnya, kini kinerja Adidas tidak optimal sebagaimana mestinya. "Angka-angka berbicara sendiri. Kinerja kami kini tidak sebagaimana mestinya," kata Bjørn Gulden dikutip dari laman BBC pada Minggu (12/2/2023).

Salah satu hal yang juga mendorong kerugian ini adalah adanya perombakan bisnis yang diperkirakan akan menelan biaya hingga 200 juta atau setara dengan Rp3,2 triliun.

Sehingga, jika diakumulasikan kerugian operasional yang akan ditelan oleh Adidas pada tahun ini adalah sekitar 700 juta atau setara dengan Rp11,3 triliun.

Selain itu, Adidas juga memperkirakan penjualan pada tahun ini akan turun, mengikuti tren menurunnya laba pada tahun 2022 yang mencapai 669 juta euro. Hal ini terjadi setelah Adidas memutuskan untuk menutup gerainya di Rusia, imbas meletusnya perang rusia Ukraina.

BACA JUGA : Adidas Bakal Rilis Koleksi Hasil Daur Ulang Sampah

Selain itu, pembatasan ketat di China juga berdampak banyak pada penjualan Adidas tahun 2022 lalu. Meskipun demikian, manajemen Adidas tetap mengharapkan keuntungan dapat dicapai pada tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, Adidas memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja samanya dengan rapper Kanye West yang dikenal dengan nama Ye pada tahun 2022 lalu, lantaran konten anti-semit rapper yang juga penulis lagu tersebut di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement