Advertisement

Ratu Elizabeth II Meninggal, Dimana Lokasi Pemakamannya?

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 09 September 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ratu Elizabeth II Meninggal, Dimana Lokasi Pemakamannya? Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @buckinghampalaceroyal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ratu Elizabeth II meninggal dunia Kamis (8/9/2022). Kepergiannya hanya berselang 17 bulan dari kepergian suaminya Pangeran Philip. Lalu dimanakah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan?

Ratu Elizabeth II meninggal di usianya yang menginjak 96 tahun, dimana selama 70 tahun lamanya mendedikasikan hidupnya untuk tugas kerajaan dan merupakan raja yang paling lama memerintah di Inggris.

Advertisement

Dengan sejarah itu, maka peringatan hidupnya atau pemakamanannya mungkin akan digelar megah.

Pangeran Philip meninggal pada 9 April 2021, dalam usia 99 tahun setelah dirawat di rumah sakit. Sering digambarkan sebagai "kekuatan dan keteguhan" Ratu, Philip mendukung istrinya melalui masa pemerintahannya sebelum pensiun pada Agustus 2017.

Pemakamannya berlangsung di Kapel St George sebelum dia dimakamkan di Royal Vault yang berusia 200 tahun di bawah gereja.

Baca juga: Profil Ratu Elizabeth II, Pemimpin Kerajaan Inggris Terlama Sepanjang Sejarah

Dilansir dari Express, tempat peristirahatan terakhir Ratu adalah menjadi kapel peringatan Raja George VI dan Duke of Edinburgh akan dipindahkan untuk bergabung dengannya.

Yang sudah dikebumikan di lemari besi adalah ayah Ratu George VI, ibunya Ibu Suri dan saudara perempuan Putri Margaret.

Kubah ini dibangun sekitar tahun 1810 hingga 1814, dan kerajaan pertama yang dimakamkan di sana adalah Ratu Charlotte pada tahun 1818, istri Raja George III.

George III bergabung dengan istrinya di sana pada kematiannya pada tahun 1820.

Raja George IV juga dimakamkan di lemari besi, seperti Raja William IV.

Raja George VI, yang meninggal pada tahun 1952, awalnya dimakamkan di Royal Vault dan kemudian dipindahkan ke kapel yang baru dibangun pada 26 Maret 1969.

Ibu Ratu dimakamkan di sana pada tahun 2002, dan abu Putri Margaret, yang meninggal pada tahun 2002, juga di kapel.

Dalam sebuah pernyataan sebelumnya hari ini, Istana Buckingham mengatakan Sang Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore waktu Inggris.

Ratu akan disemayamkan di Istana Westminster selama tiga hari di mana publik akan dapat mengunjungi peti matinya, paling cepat pekan depan.

Menurut protokol kerajaan, pemakaman kenegaraan Ratu dapat berlangsung dalam 10 hingga 12 hari ke depan, yang juga akan dikenal sebagai hari berkabung.

Kepergiannya juga akan menandai dimulainya era kerajaan baru, dengan Raja Charles mengambil alih peran mendiang ibunya sebagai raja.

Detail spesifik dari pemakaman mendiang Ratu belum diumumkan secara resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement